Dengan semakin berkembangnya e-commerce, persaingan toko online semakin sengit. Semua platform berlomba-lomba memberikan tawaran menarik untuk menarik pembeli dan pemilik toko online untuk bertransaksi di platform mereka. Salah satu tawaran yang paling disukai pelanggan setia platform adalah pengiriman 2 hari.
Bagi konsumen, pengiriman 2 hari adalah keharusan. Pasalnya, hal itu sudah menjadi sesuatu yang lumrah ditawarkan oleh platform e-commerce. Dan hal itu sangat menentukan tingkat kepuasan pelanggan pada platform. Namun, pelanggan tidak tahu betapa beratnya pekerjaan yang dilakukan untuk pengiriman kilat ini.
Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menekan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan e-commerce bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang memberikan penawaran terjangkau. Jika tidak, mereka bisa mengalami kerugian yang cukup besar.
Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menekan pengeluaran yang terlalu besar dan menghindari kebangkrutan. Kira-kira apa sak yang bisa dilakukan? Simak ulasannya di bawah!
4 Cara Menekan Pengeluaran Pengiriman 2 Hari Seminimum Mungkin
Biaya pengiriman menjadi salah satu kejadian “tidak jadi beli”, terutama jika biaya itu hampir mirip dengan harga barang yang akan dibeli. Jika Anda tidak dapat menekan biaya pengiriman seminimal mungkin, konsumen akan lari atau menutupi kerugian dengan uang sendiri dan kehilangan keuntungan.
Agar pengiriman 2 hari ini terlihat lebih menarik daripada tawaran lainnya sambil mempertahankan bisnis tetap berjalan, And perlu tahu cara menekan pengeluaran pengiriman tersebut seminimal mungkin.
1. Tawarkan Pengiriman 2 Hari Dengan Jumlah Minimum Pembelian
Pengiriman 2 hari dengan jumlah minimum pembelian berarti pembeli harus membeli barang dengan total tertentu agar bisa mendapatkan layanan tersebut. Hal ini dapat menambah pemasukan dengan mewajibkan konsumen membeli barang lebih untuk mengurangi pengeluaran pengiriman. Selain itu, hal ini sudah biasa dijadikan kebijakan di berbagai platform e-commerce.
2. Pengiriman 2 Hari Untuk Wilayah Tertentu
Menerapkan layanan pengiriman 2 hari untuk wilayah tertentu di sekitar gudang Anda mengurangi jarak yang perlu ditempuh ekspedisi. Hal ini dapat menekan biaya pengiriman. Jika Anda melakukan kebijakan ini, Anda dapat memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pesanan. Selain itu, jika tempat tinggal pembeli tidak jauh dari gudang, barang kemungkinan bisa sampai keesokan harinya tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.
3. Bekerja Sama Dengan Pihak Ketiga Untuk Mendapatkan Diskon
Jangan takut untuk bekerja sama dengan pihak ketiga guna mendapatkan diskon tambahan. Baik pengusaha e-commerce maupun jasa pihak ketiga, keduanya sama-sama membutuhkan. Tanpa Anda, mereka tidak akan mendapatkan pemasukan dari Anda yang menyewa jasa mereka. Begitu juga dengan Anda yang membutuhkan pihak ketiga agar barang pesanan konsumen sampai tepat waktu.
Anda bisa menggunakan keuntungan ini untuk mendapatkan diskon sekaligus memastikan Anda dapat memenuhi jangka waktu pengiriman itu. Apalagi jika toko online Anda berkembang pesat dan memiliki cukup banyak konsumen setia, pihak tidak akan segan memberikan diskon khusus untuk klien seperti Anda.
4. Gunakan Jalur Darat dan Kirimkan dari Gudang Terdekat
Pengiriman 2 hari memang hanya bisa dilakukan dengan alat transportasi cepat melalui jalur udara. Namun, menggunakan ekspedisi jalur udara membutuhkan biaya yang sangat tinggi.
Untuk menekan pengeluaran, investasikan sejumlah uang untuk membangun gudang atau bekerja sama dengan pengusaha lain yang memiliki gudang di tempat sebagian besar pelanggan Anda tinggal. Pilih gudang di area yang tidak bisa dijangkau dengan perjalanan darat dalam waktu dua hari. Walaupun jumlah investasikan lebih besar di awal, uang yang Anda keluarkan akan jauh lebih kecil di akhir.
Setelah memiliki gudang sendiri, simpan beberapa barang yang sering dibeli pelanggan Anda di area tersebut di gudang tersebut. Dengan demikian, Anda bisa lebih dekat dengan konsumen dan tidak perlu terlalu sering mengirimkan barang menggunakan ekspedisi jalur udara. Dari tidak terus-menerus melakukan pengiriman jalur udara inilah Anda bisa menekan biaya pengiriman 2 hari.
2 Cara Melakukan Pengiriman 2 Hari
Agar dapat mengaplikasikan pengiriman 2 hari untuk layanan toko Anda, lakukan cara yang dapat menyeimbangkan antara kapasitas dan biaya. Anda harus selalu dapat mengirimkan pesanan tepat waktu sambil terus mendapatkan keuntungan.
Pelajari caranya di bawah ini!
1. Melakukan Pengiriman Mandiri
Agar dapat melakukan pengiriman kilat ini, Anda perlu menyiapkan berbagai hal agar layanan tersebut dapat berjalan sesuai rencana. Salah satunya adalah persiapan ruang, staf, dan segala hal yang dibutuhkan untuk memenuhi layanan tersebut. Hal ini meliputi:
- Menerima dan menyimpan stok barang.
- Memeriksa dan menganalisis inventaris.
- Memilah dan mengepak pesanan.
- Melakukan pengiriman dengan rekan agen ekspedisi.
Keuntungan dari cara pertama ini adalah adanya kontrol lebih dan biaya yang lebih rendah. Anda memiliki kontrol penuh pada bagaimana cara Anda memenuhi waktu pengiriman 2 hari dan Anda memiliki kendali penuh pada pengeluaran apa saja yang perlu dilakukan dan dari mana saja sumber pemasukan Anda.
Mengirim pesanan dalam waktu 2 hari membutuhkan proses yang sangat efisien yang cukup sulit untuk dilakukan di masa peak season, seperti hari libur atau ketika Anda sedang melakukan pelebaran sayap.
Mengingat alasan inilah, banyak penjual memilih untuk beralih dari melakukan pengiriman mandiri ke menggunakan jasa pihak ketiga. Jadi, sebelum memutuskan untuk menjalankan cara ini, perkirakan apakah segala sesuatunya sudah siap dan Anda dapat melakukan pekerjaan itu.
2. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga
Menggunakan jasa pihak ketiga berarti termasuk menyewa gudang dari pihak ketiga agar dapat memastikan pesanan sampai dalam jangka waktu 2 hari. Seperti sebelumnya, hal ini meliputi:
- Menerima barang yang masuk.
- Menyimpan dan mencatat inventaris.
- Menerima pesanan.
- Memilah, mengepak, dan mengirimkan.
Keuntungan dari cara ini adalah keahlian dan kapasitas. Pihak ketiga yang berkonsentrasi memberikan layanan ini adalah kecakapan mereka dalam melakukan pengiriman kilat khusus dan memiliki ruang yang luas dan banyak barang yang diperlukan untuk memenuhi pengiriman tersebut, meskipun bisnis Anda sudah menjadi sangat besar.
Meskipun layanan dari pihak ketiga dapat mengurangi isi gudang, dan biaya pengepakan dan pengiriman, ada beberapa pihak yang bisa menusuk Anda dengan biaya tambahan. Biaya tersebut termasuk biaya administrasi, pengiriman barang masuk, dan biaya pengelolaan akun yang bisa dengan cepat bertambah.
Selain itu, tidak semua layanan pihak ketiga terhubung dengan semua kanal penjualan dan jika pun ada, mereka biasanya akan menarik biaya tambahan untuk keunggulan itu. Contohnya, ada jasa pihak ketiga yang dapat mengurus pesanan di luar kanal Amazon, tetapi jasa itu menagih biaya tambahan untuk mengurus pesanan dari Amazon.
Toko Online Semakin Mantap Dengan TokoPress
Apa pun cara yang Anda lakukan agar dapat mengirim barang dalam jangka waktu dua hari, pastikan segala sesuatunya telah siap dan sesuai dengan kemampuan toko online Anda.
Jika Anda adalah pemilik toko online atau pengusaha yang menyediakan jasa administrasi dan pengiriman pihak ketiga, TokoPress bisa menjadi rekan yang menguntungkan.
TokoPress.id menyediakan jasa pembuatan toko online dengan berbagai fitur, termasuk IndoOngkir dan IndoCheckout. Dengan fitur ini, Anda dapat:
- Menggunakan ekspedisi berbeda untuk tujuan di provinsi berbeda.
- Menggunakan banyak ekspedisi.
- Memasang field checkout sederhana yang memudahkan pembeli.
Untuk informasi lengkap dan pemesanan jasanya, langsung klik di sini saja!