20 Skill yang Dibutuhkan Karyawan Retail, Pemilik Bisnis Wajib Tahu!

Skill Karyawan Retail

Ketika merekrut karyawan, Anda perlu mengetahui kualitas seseorang sebelum memutuskan untuk merekrutnya. Kualitas ini diproyeksikan ke dalam penguasaan berbagai skill, baik soft skill maupun hard skill.

Menariknya, setiap jenis bisnis memiliki kriteria soft skill dan hard skill yang ideal dan perlu dimiliki karyawannya. Demikian pula dengan bisnis retail—ada sederet skillset tertentu yang perlu dimiliki karyawan-karyawannya. Jika mereka menguasai skill tersebut, mereka bisa menjalankan pekerjaan di bidang retail dengan lebih optimal.

20 Skill yang Diperlukan di Bidang Retail

Apa saja, sih, soft skill dan hard skill yang diperlukan di bisnis retail? Yuk, kenali 20 skill yang diperlukan karyawan retail di artikel berikut!

Soft Skill yang Diperlukan di Bisnis Retail

Skill Karyawan Retail
Sumber : Envato

Nah, jika Anda sedang mencari karyawan yang tepat untuk bisnis retail yang Anda milki, berikut ini adalah daftar soft skill yang akan menunjang kinerja mereka nantinya.

1. Sikap yang ramah

Seperti apa karyawan yang ramah itu? Singkatnya, karyawan yang ramah adalah karyawan yang dapat berbaur dengan mudah dengan konsumen. Selain itu, mereka menunjukkan sikap terbuka dan berusaha membuat konsumen Anda merasa nyaman.

2. Kesigapan untuk membantu

Dengan soft skill ini, karyawan akan selalu siap membantu menyelesaikan masalah konsumen. Jika mereka tidak tahu mengenai suatu hal, mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mencarikan solusi dari permasalahan konsumen selama itu tidak merugikan perusahaan.

3. Kemauan untuk belajar

Dalam bisnis retail, akan selalu ada hal yang baru. Mulai dari produk baru, sistem baru, teknologi baru, bahkan hingga aturan baru. Nah, karena alasan itulah kemauan untuk belajar amat diperlukan bagi karyawan retail. Hal ini diperlukan agar mereka bisa membiasakan diri dengan cepat dengan hal yang baru tersebut.

4. Empati

Empati berkaitan dengan kemampuan karyawan untuk ‘membaca’ apa yang diinginkan konsumen. Kemampuan berempati ini sangat bermanfaat ketika karyawan memberikan rekomendasi produk untuk konsumen. Dengan kemampuan ini, karyawan bisa memberikan rekomendasi yang tepat untuk konsumen.

Nah, jika skill ini dikombinasikan dengan product knowledge yang baik, karyawan bisa meningkatkan sales dan membuat konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan.

5. Sabar dan pengertian

Tidak semua konsumen bisa langsung tahu apa yang mereka cari di sebuah toko. Oleh karena itu, karyawan yang baik adalah karyawan yang sabar ketika melayani konsumen. Sikap pengertian juga dibutuhkan agar karyawan mampu memahami konsumen jika mereka membutuhkan waktu lama ketika memilih sebuah produk.

6. Time management yang baik

Time management yang baik dibutuhkan karena banyaknya job description retail yang perlu diselesaikan dalam jam kerja. Bagaimanapun juga, job description dari pekerjaan retail bukan hanya melayani konsumen saja, bukan? Maka dari itu, seorang karyawan perlu memiliki skill mengatur waktu yang baik.

7. Kemampuan multitasking

Apa keterkaitan pekerjaan retail dengan kemampuan multitasking? Pada high atau peak season, bukan tidak mungkin jika seorang karyawan retail akan melayani banyak konsumen dalam satu waktu. Karyawan retail dapat menggunakan kemampuan multitasking-nya untuk melayani beberapa konsumen sekaligus. Dengan demikian, konsumen bisa terlayani dengan lebih cepat.

8. Kemampuan beradaptasi

Adanya perubahan yang konstan merupakan hal yang lumrah di bisnis retail. Perubahan yang dimaksud bisa hadir dalam berbagai bentuk. Misalnya seperti perubahan sistem, perubahan program, perubahan pada tatanan produk, dsb.

Kemampuan beradaptasi ini diperlukan agar karyawan bisa menyesuaikan diri sesegera mungkin dengan perubahan-perubahan tersebut. Selain itu, kemampuan adaptasi yang baik akan sangat bermanfaat ketika mereka menangani berbagai karakteristik konsumen.

9. Resiliensi

Resiliensi merupakan kemampuan seseorang untuk melalui masalah dan kembali lagi ke kondisi semula setelah mengalami kesulitan tersebut. Karyawan yang resilien adalah karyawan yang tidak terlalu terlarut ke dalam sebuah masalah yang menimpa mereka.

10. Kemampuan untuk melakukan persuasi

Sebagai tenaga penjualan, bukan hal yang aneh jika karyawan retail perlu memiliki kemampuan untuk melakukan persuasi. Kemampuan ini diperlukan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk Anda adalah produk yang tepat untuk mereka—tanpa melakukan tipu daya yang dapat merugikan konsumen.

11. Kemampuan storytelling

Kemampuan storytelling sangat berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengkomunikasikan suatu hal. Kemampuan ini penting terutama jika karyawan Anda bertugas untuk membuat konten-konten untuk pemasaran secara digital. Misalnya seperti melalui iklan, konten media sosial, maupun konten website.

Hard Skill yang Perlu Dimiliki Karyawan Retail

Skill Karyawan Retail
Sumber : Envato

Setelah mengetahui soft skill yang perlu dimiliki karyawan retail, kini saatnya kita mengenali hard skill apa saja yang diperlukan. Berikut daftar hard skill yang diperlukan untuk karyawan retail.

1. Product knowledge yang baik

Product knowledge yang baik akan sangat membantu konsumen dalam mengetahui produk yang dijual. Oleh karena itu, setiap karyawan perlu memiliki product knowledge yang baik agar mampu menjelaskan fitur-fitur produk unggulan kepada konsumen.

2. Kemampuan active listening yang baik

Kemampuan active listening tidak hanya mencakup kemampuan untuk mendengarkan konsumen secara aktif. Kemampuan ini juga mencakup memberikan respons gestur yang tepat serta menjaga fokus pada topik yang sedang diperbincangkan.

3. Kemampuan komunikasi yang baik

Selain kemampuan mendengarkan (listening) yang baik, karyawan retail juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ucapan karyawan Anda harus jelas, respons-respons yang diberikan juga harus ‘nyambung’. Tak lupa, karyawan retail perlu kemampuan bicara yang baik ketika menjual produk yang ditawarkan.

4. Kemampuan untuk melayani konsumen (customer service)

Terkadang konsumen ingin melayangkan komplain atas produk yang mereka terima. Nah, kemampuan customer service yang baik dapat bermanfaat dalam mengatasi permasalahan konsumen sesuai prosedur yang ada di bisnis Anda.

5. Kemampuan product styling dan men-display produk

Kemampuan untuk mengatur barang agar tampil menarik (product styling) bagi konsumen adalah salah satu hard skill yang perlu dimiliki karyawan retail. Salah satu contoh bisnis retail yang membutuhkan kemampuan ini adalah department store.

Di department store, karyawan perlu memajang produk (dalam hal ini pakaian) di manekin sesuai dengan tren yang sedang berkembang. Aksesori yang dipilih juga harus cocok dengan pakaian yang dipajang. Penggantian produk yang dipajang pun perlu dilakukan secara berkala agar konsumen tahu produk apa saja yang sedang ditonjolkan dari department store tersebut.

6. Pengetahuan yang baik mengenai program-program yang sedang berjalan

Agar konsumen mau berbelanja di tempat Anda, terkadang ada beberapa program bisnis yang ditawarkan ke konsumen. Misalnya seperti sale, diskon, cashback, bonus hadiah, dsb. Nah, karyawan yang Anda rekrut perlu mengetahui program-program tersebut dengan baik. Jadi, ketika konsumen bertanya, mereka bisa memberikan jawaban yang jelas.

7. Kemampuan berhitung yang baik

Meskipun saat ini sudah banyak alat bantu untuk menghitung, tetap saja kemampuan berhitung yang baik diperlukan bagi karyawan retail. Salah satu kegunaannya adalah untuk menghitung harga produk setelah diskon. Dengan skill yang baik, mereka bisa berhitung dengan cepat dan akurat tanpa perlu alat bantu apa pun.

8. Penguasaan terhadap retail technology

Retail technology adalah segala bentuk teknologi yang digunakan untuk mempermudah operasional bisnis yang dijalankan. Misalnya seperti alat Point of Sales (POS), mesin EDC, QR code, maupun bentuk teknologi lain yang bermanfaat untuk membuat produk yang dijual.

9. Fisik yang kuat

Hard skill terakhir yang penting bagi karyawan retail terkait dengan kemampuan fisik karyawan itu sendiri. Pada high atau peak season, bisnis retail sangat mungkin mengalami peningkatan penjualan. Maka dari itu, tenaga ekstra pun dibutuhkan untuk melayani konsumen. Dengan fisik yang kuat, karyawan retail bisa menangani kebutuhan konsumen dengan optimal.

 

Nah, itulah soft skill dan hard skill yang perlu dimiliki karyawan-karyawan Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

Pada saat merekrut karyawan, memang susah jika Anda ingin menemukan 20 skill tersebut dalam satu orang yang sama. Maka dari itu, perlu Anda ingat bahwa seseorang bisa saja mengembangkan skill yang disebutkan ketika terjun langsung di pekerjaan nantinya.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa terapkan masa uji coba. Dengan menerapkan ini, Anda bisa memiliki gambaran bagaimana kinerja karyawan tersebut dan apa yang bisa dikembangkan darinya. Jika kurang cocok, Anda dapat merekrut karyawan lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.