Struktur retail commission memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan dan mendorong pertumbuhan. Memberi insentif kepada rekanan penjualan eceran dengan komisi berdasarkan penjualan merupakan cara paling efektif untuk menjaga tenaga penjualan tetap produktif. Mengingat industri ritel belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi, memaksimalkan penjualan menjadi lebih penting daripada sebelumnya.
Cara untuk menarik dan mempertahankan karyawan bertalenta di tengah persaingan tinggi adalah dengan menawarkan gaji yang kompetitif. Agar lebih jelas, berikut informasi mengenai cara memulai dan bagaimana membuat struktur komisi ritel yang perlu diketahui.
Apa Itu Struktur Retail Commission?
Retail commission atau komisi penjualan merupakan pendapatan tambahan di luar gaji yang diperoleh atas kinerja kerja tenaga penjual dalam meningkatkan penjualan. Struktur komisi penjualan merinci bagaimana Anda akan memberikan kompensasi kepada rekan penjualan. Contoh: struktur retail commission berdasarkan waktu pembayaran, yakni setiap minggu, dua mingguan, atau bulanan.
Bagaimana Retail Commission Bisa Mendorong Lebih Banyak Penjualan?
Berikut beberapa manfaat membayar karyawan Anda berdasarkan komisi penjualan.
Memotivasi Karyawan
Struktur berbasis komisi memotivasi rekan penjualan ritel bekerja ekstra untuk memenuhi atau melampaui target penjualan mereka. Karyawan akan cenderung berusaha menjual lebih banyak untuk menambah penghasilan mereka. Hal ini mengarah pada peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis perusahaan Anda.
Hadiahi Karyawan Berdasarkan Kinerja
Memberikan kompensasi merupakan salah satu wujud penghargaan terhadap upaya yang dilakukan oleh karyawan. Kompensasi tak hanya meningkatkan moral karyawan, melainkan juga mendorong mereka lebih berinvestasi dalam meningkatkan penjualan dan mendorong bisnis bagi perusahaan.
Menarik Karyawan Terbaik
Menghargai karyawan terbaik dengan struktur komisi penjualan akan menarik talenta terbaik di industri ini. Jangan terkejut apabila tenaga penjualan berkinerja tinggi akan mendaftar ke perusahaan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Jenis Struktur Retail Commission
Merancang struktur komisi penjualan ritel adalah tindakan yang bijaksana. Berbekal hal ini, Anda bisa menentukan besaran persentase komisi untuk pekerja dan meningkatkan omzet perusahaan. Agar lebih mudah, berikut jenis struktur retail commission yang bisa Anda terapkan.
Komisi Tetap
Komisi tetap merupakan struktur yang paling banyak diterapkan di bisnis ritel. Komisi ini paling mudah dihitung karena berdasarkan pada persentase tetap atau model lump sum. Struktur komisi penjualan ini dapat menyebabkan kerugian bisnis apabila Anda tidak berhati-hati dalam mengukur profitabilitas yang tepat dari setiap item.
Komisi Variabel
Komisi variabel mengikuti model berjenjang dan dapat mendorong karyawan mencapai target penjualan yang lebih tinggi. Skema ini efektif menarik dan mempertahankan tenaga penjualan berkinerja tinggi yang menyukai tantangan. Tim penjualan Anda akan termotivasi untuk menjual lebih banyak barang dengan tingkat komisi lebih tinggi dari sebelumnya.
Contoh: apabila karyawan berhasil menjual 10 unit barang, mereka akan mendapatkan komisi 2% dari harga total barang secara keseluruhan. Pada tingkat selanjutnya, karyawan akan mendapatkan komisi 5% untuk penjualan sekitar 25 unit barang dan 7% untuk 40 unit barang.
Komisi Residual
Komisi ini sangat ideal bagi Anda mempekerjakan tenaga penjualan pihak ketiga untuk bisnis ritel. Setiap kali mendatangkan klien baru, perwakilan penjualan akan mendapatkan sejumlah komisi tetap atas referensinya tersebut. Contoh: seorang penjual asuransi berhasil menggaet perusahaan besar. Selama perusahaan tersebut membayar premi asuransi sebesar Rp5.000.000 per bulan, tenaga penjualan akan menerima komisi Rp250.000 atau 5% setiap bulan.
Struktur ini paling sesuai bagi perusahaan yang mengandalkan koneksi pribadi untuk membangun basis pelanggan mereka. Lantaran menawarkan pendapatan pasif jangka panjang, komisi sisa menawarkan persentase lebih kecil dibandingkan jenis struktur komisi penjualan lainnya.
Komisi Berbasis Tim Atau Terpisah
Struktur komisi berbasis tim memungkinkan pengecer membagi komisi di antara anggota tim. Model ini menyatukan seluruh tim untuk bekerja keras mencapai tujuan yang ditetapkan bersama. Anggota dengan kinerja tinggi akan membantu dan memotivasi anggota lainnya untuk mendorong lebih banyak penjualan.
Komisi Marjinal Atau Bagi Hasil
Struktur ini membagi margin keuntungan antara perusahaan dengan karyawan penjualan berdasarkan persentase yang telah ditentukan. Persentasenya dapat bervariasi dari satu produk ke produk lainnya. Tak heran apabila struktur ini ideal untuk bisnis ritel dengan variasi produk dalam skala besar. Struktur komisi ini sangat populer di kalangan pengecer karena membantu mereka mengidentifikasi produk yang paling menguntungkan.
Cara Membuat Struktur Retail Commission yang Menguntungkan
Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari struktur komisi penjualan, cobalah untuk tidak meminimalkan komisi dan menghemat uang. Rancang struktur retail commission untuk memaksimalkan produktivitas dan penjualan. Adapun cara untuk merancang struktur komisi penjualan ideal, sebagai berikut.
Pilih Struktur Komisi yang Sesuai
Tidak semua struktur komisi penjualan cocok untuk setiap perusahaan. Anda perlu mengidentifikasi struktur yang berfungsi untuk bisnis Anda, termasuk basis pelanggan yang dilayani. Mengingat struktur komisi dapat bervariasi tergantung pada jenis produk yang dijual, sangat penting untuk mempertimbangkan perkiraan pendapatan dan margin keuntungan Anda saat ini.
Tetapkan Target yang Realistis
Pastikan menetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk karyawan penjualan Anda. Tetapkan target penjualan realistis yang akan memotivasi tim penjualan. Contoh: selama musim sepi, Anda menetapkan target penjualan Rp5.000.000 selam seminggu dan Rp10.000.000 selama musim liburan.
Cek Kinerja Karyawan
Struktur komisi penjualan efektif meningkatkan kinerja dan mengidentifikasi karyawan yang memiliki kinerja baik. Mengecek kinerja karyawan sangat bermanfaat untuk menentukan mekanisme penjualan dan struktur komisi paling sesuai untuk memudahkan perusahaan Anda mencapai tujuan.
Buat Batasan Komisi Untuk Karyawan
Alangkah bijak apabila Anda tidak membiarkan tarif komisi penjualan terbuka. Hal ini dapat membantu Anda membatasi komisi yang dapat diperoleh karyawan. Pastikan juga menambahkan syarat dan ketentuan yang jelas ke kontrak penjualan untuk menghindari kerugian finansial.
Pertimbangkan Implikasi Pajak
Penting untuk mempertimbangkan implikasi pajak dari komisi penjualan yang Anda bayarkan. Untuk menghindari hukuman, pastikan Anda mempelajari panduan hukum yang tepat serta mematuhi peraturan dan regulasi yang berlaku untuk bisnis Anda.
Tinjau Data POS Secara Teratur
Sangat penting untuk memantau dan meningkatkan kinerja struktur komisi penjualan Anda dari waktu ke waktu. Cara termudah adalah dengan mengecek sistem POS ritel Anda. Hal ini akan memberikan analitik mendalam, membantu mengidentifikasi tren umum, dan memungkinkan Anda mendapatkan data yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan struktur komisi penjualan.
Retail commission merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan penjualan. Struktur komisi yang tepat dapat memastikan bahwa tenaga penjualan Anda tetap produktif dalam menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk bisnis. Jangan ragu mencoba berbagai struktur komisi penjualan untuk menentukan yang paling tepat.
Demikianlah informasi mengenai serba serbi struktur komisi penjualan yang perlu diketahui. Berbekal pemahaman mengenai hal tersebut, Anda bisa menjamin pertumbuhan toko, mengembangkan bisnis ke tingkat lebih tinggi, dan meraup lebih banyak keuntungan.