Kenapa Harus Ada Layanan Pengiriman 2 Hari?

Pembangunan dan perkembangan teknologi yang pesat menuntut semua orang untuk serba cepat. Jika dulu semua orang bisa memaklumi keterlambatan karena berbagai hal, saat ini, tidak ada toleransi bahkan untuk waktu pengiriman yang lama akibat akses jalan yang buruk.

Melihat fakta tersebut, saat ini banyak platform e-commerce yang berlomba-lomba menampilkan keunggulan dan kecepatan layanan pengiriman mereka. Pasalnya, pemilihan e-commerce favorit dipengaruhi oleh fitur kecepatan pengiriman ini. Jangan heran jika banyak pesanan online dari luar Provinsi bisa datang dalam dua hari saja.

Jika sebagai pemilik toko online Anda bisa menyeimbangkan antara memberikan layanan pengiriman cepat tanpa terlalu banyak mengeluarkan uang untuk biaya operasional itu, Anda akan sangat berhasil di dunia e-commerce. Namun, apakah pengiriman dalam dua hari semudah yang dibayangkan?

Harapan Konsumen

layanan konsumen

Di awal kemunculan e-commerce, berbelanja secara online adalah hal baru yang berarti kecepatan pengiriman bukanlah hal yang terlalu dipusingkan dan pengiriman standar dijadikan sebagai patokan. Memesan sesuatu secara online dan menerima pengiriman di rumah sudah dianggap sebagai hal yang mewah.

Empat puluh tahun kemudian, pengiriman dua hari sudah menjadi tolok ukur kredibilitas sebuah toko atau e-commerce. Hal itu menentukan toko mana yang layak, berapa jumlah uang atau seberapa sering harus berbelanja di toko tersebut, dan berapa banyak bintang yang bisa diberikan.

Umumnya, pembeli online sekarang menuntut tiga hari sebagai waktu tunggu yang layak untuk menerima pesanan online.

Selain itu, kecepatan pengiriman juga bukan satu-satunya harapan konsumen.

  • Lebih dari separuh pembeli online ingin mengetahui informasi pengiriman terbaru.
  • Hampir seperempat pembeli melacak kiriman mereka melalui pesan elektronik.
  • 75% konsumen ingin gratis ongkir.

Intinya, pesanan pembeli Anda harus cepat, dapat dilacak, dan gratis.

Seperti Apa Pengiriman 2 Hari Itu?

Pengiriman dua hari berarti pembeli menerima pesanan dalam waktu dua hari setelah melakukan transfer. Waktu ini berlaku selama transfer dilakukan di jam pengiriman hari yang sama dan dalam hari kerja agen ekspedisi.

Tergantung kebijakan toko, ada beberapa toko yang mengatur kebijakan jika transfer lebih dari pukul 2, barang akan dikirimkan keesokan harinya. Selain itu, sistem perusahaan ekspedisi di Indonesia menutup layanan ekspedisi di hari Minggu walaupun pengiriman masih berlangsung 7/24.

Mengikuti ketentuan di atas, jika transfer dilakukan pada Sabtu pukul 3 sore atau Minggu, barang akan dikirimkan pada Senin. Jadi, konsumen bisa berharap menerima paket pesanannya pada Rabu.

Yang Tidak Diketahui dari Pengiriman 2 Hari

layanan pengiriman

Bagi konsumen, pengiriman dua hari terasa sangat mudah. Pasalnya, hampir semua tempat menawarkan kelebihan ini. Namun, yang tidak mereka ketahui adalah banyak dan rumitnya pekerjaan yang dilakukan agar pesanan tepat sampai dalam waktu dua hari saja, terutama jika pengiriman dilakukan ke luar negeri.

Semua pengiriman harus dikoordinasikan antara jalur darat dan udara.

Pengiriman Jalur Darat

Pengiriman melalui jalur darat menggunakan alat angkut seperti truk, mobil van, dan mobil untuk mengirimkan pesanan dari gudang ke rumah konsumen. Pengiriman melalui jalur ini adalah cat ayan paling murah sehingga Anda dapat menekan biaya transportasi seminimal mungkin sambil menawarkan fitur pengiriman 2 hari tanpa harus menguras tabungan.

Meski begitu, jarak dan kondisi geografi bisa membuat pengiriman jalur darat tidak memungkinkan. Jika pelanggan tinggal di tempat yang terlalu jauh dari gudang, Anda harus mencari alat transportasi lainnya atau mengeluarkan uang untuk bekerja sama dengan gudang lain agar dapat mengirimkan barang tepat waktu.

Pengiriman Jalur Udara

layanan pengiriman

Pengiriman melalui jalur udara menggunakan pesawat untuk mengantarkan pesanan ke konsumen. Pengiriman ini biasa digunakan untuk mengirimkan produk yang disimpan di luar negeri atau mengirimkan produk pada konsumen yang rumahnya terlalu jauh untuk bisa menerima pesanan dalam waktu 2 hari.

Pengiriman jalur ini jauh lebih mahal daripada pengiriman jalur darat, terutama jika Anda tidak mengirim barang dalam jumlah besar. Mengirim barang melalui jalur udara agar bisa menyampaikan pesanan dalam waktu 2 hari membuat fitur gratis ongkir sulit diwujudkan.

Gabungan Pengiriman Darat dan Udara

Ini adalah cara yang paling efisien dan murah untuk mewujudkan pengiriman dalam 2 hari. Caranya adalah dengan membuka gudang di berbagai daerah dan menyimpan barang-barang yang paling sering dibeli orang-orang di sekitar area tersebut. Untuk menekan ongkos pembangunan, lakukan kerja sama dengan usaha lain yang memiliki toko

3 Alasan Mengapa Harus Menawarkan Pengiriman 2 Hari?

layanan pengiriman

Seiring dengan semakin bertambahnya penjual dan pembeli online, persaingan akan semakin ketat. Hal itu membuat usaha memasarkan produk ke konsumen dengan taktik penjualan biasa, seperti harga miring, menjadi sangat sulit.

Fitur pengiriman cepat berbeda. Fitur ini lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Fitur ini memenuhi dan melampaui harapan konsumen.

Ini 3 alasan kenapa Anda perlu menyediakan jasa pengiriman 2 hari.

1. Mengurangi Kemungkinan ‘Tidak Jadi Beli’

Delapan belas persen kejadian “tidak jadi beli” disebabkan oleh proses pengiriman yang lambat. Beberapa pelanggan tidak bisa menunggu lebih dari 2 hari untuk barang-barang mendesak atau yang sangat ditunggu-tunggu.

Pengiriman 2 hari dapat menyelesaikan penghambat terkait pembelian yang nantinya dapat mengurangi kejadian “tidak jadi beli” dan menambah penjualan. Berdasarkan sebuah data, salah satu penjual online merasakan penjualan meningkat 300% setelah menerapkan pengiriman 2 hari.

2. Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

layanan pengiriman

Lebih dari sepertiga konsumen tidak akan kembali ke penjual yang memiliki layanan pengiriman yang kurang memuaskan.

Sekarang, pengalaman berbelanja online mencakup segala hal mulai dari pemesanan hingga membuka paket. Yang terpenting adalah apa saja yang terjadi di antara kedua kegiatan tersebut. Pengiriman 2 hari meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menambahkan sentuhan akhir pada pengalaman berbelanja konsumen.

Mampu mengirim barang dengan cepat menunjukkan bahwa Anda dapat memenuhi harapan seperti yang dijanjikan, dapat dipercaya, dan bahwa Anda peduli dengan pengalaman berbelanja konsumen yang menjadi porsi penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

3. Memperluas Pengaruh Marketing Anda

Pengiriman cepat memberi Anda sesuatu yang menarik, mencuri perhatian, dan berguna untuk dimasukkan ke setiap bahan marketing Anda.

Anda dapat menambahkan banner, tag, dan kata-kata “pengiriman cepat” di surel, postingan media sosial, dan situs web. Anda juga dapat memasukkannya ke dalam materi iklan. Anda bahkan bisa membuat fitur pengiriman itu dengan cara yang dapat menarik pelanggan untuk mengunjungi toko online Anda.

Walaupun proses yang diperlukan cukup rumit, nyatanya kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil. Di balik kerja keras untuk mengirimkan paket dalam waktu dua hari ada banyak hal istimewa yang menanti.

Optimasi Toko Online Dengan TokoPress

layanan pengiriman

TokoPress menyediakan jasa pembuatan toko online dengan fitur IndoOngkir dan IndoCheckout. Dengan fitur tersebut, Anda bisa:

  1. Menggunakan ekspedisi berbeda untuk tujuan pengiriman di provinsi berbeda.
  2. Menggunakan banyak ekspedisi.
  3. Menghitung ongkir secara otomatis.

Dengan begitu, Anda bisa mengirimkan produk dalam waktu 2 hari tanpa ribet. Pesan jasanya sekarang juga di sini!