10 Kupon dan Diskon Menarik untuk Toko Online

Kadang penjual online harus dihadapkan pada keputusan memberikan diskon pada pelanggan. Jika itu terjadi, mereka juga harus memutuskan kapan dan berapa jumlah diskon yang harus diberikan.

Memberikan diskon dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan penjualan dan menambah jumlah pelanggan setia. Namun, jika digunakan secara sembarangan, hal itu malah akan merusak citra toko online Anda. Yang terburuk, Anda tidak mendapatkan keuntungan.

Di bawah ini Anda akan mengetahui 10 ide tawaran atau diskon yang bisa digunakan agar usaha Anda berhasil.

1. Diskon Mingguan/Bulanan

kupon dan dsikon

Ini adalah cara tradisional yang biasa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Sering kali, diskon ini digunakan di akhir bulan atau tiap seperempat tahun untuk meningkatkan penghasilan dan mencapai angka yang diinginkan.

Tip-tip:

  • Gunakan aplikasi yang memungkinkan Anda menampilkan sisa stok diskon atau barang yang sedang dipotong harga.
  • Permanis diskon dengan tawaran bundling
  • Pertegas kesan “kesempatan terakhir” dan kombinasikan dengan kesan bahwa

2. Diskon Prarilis

Jika masih baru membuka toko atau baru merilis produk baru, Anda dapat memberikan diskon prarilis untuk mendapatkan traffic dan memikat calon pelanggan agar menjadi pelanggan setia. Diskon ini dapat menjadi cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan toko atau produk baru Anda sebelum rilis.

Tip-tip:

  • Kumpulkan alamat surel pelanggan agar dapat memberi tahu mereka ketika produk atau toko Anda semakin mendekati tanggal rilis.
  • Gunakan aplikasi pre-order agar pelanggan pertama Anda bisa mendapatkan produk baru tersebut lebih dulu.

3. Diskon Hari Tertentu atau Musiman

Diskon hari kemerdekaan, hari raya, atau hari apa pun yang bisa disesuaikan dengan toko atau barang yang dijual dapat menjadi peluang besar untuk meraup banyak keuntungan. Terutama di saat hari raya, orang-orang sangat bersedia untuk memenuhi keranjang online mereka.

Tip-Tip:

  • Orang-orang kadang berbelanja untuk dihadiahkan kepada orang lain di hari raya dan hari spesial lainnya. Jadi, meskipun barang dagangan Anda ditujukan untuk digunakan oleh anak-anak, misalnya, Anda perlu mempertimbangkan cara diskon yang dapat memikat orang-orang yang akan membelinya, yaitu orangtua.
  • Produk yang unik dan baru akan memberikan banyak keuntungan dari diskon jenis ini karena masyarakat ingin kado mereka berbeda dari yang lainnya.

4. Hadiah Untuk Like, Follow, dan Share

Salah satu bagian tersulit dari membuka toko online baru adalah memilih kata-kata yang tepat untuk dibagikan ke semua orang. Memberikan hadiah kecil pada pengunjung dan pelanggan yang sudah membagikan tautan toko Anda ke lingkaran sosial mereka dapat menjadi cara efektif untuk memberikan diskon referral yang tidak mahal.

Tip: TokoPress.id dapat mengirimkan pesan pada pelanggan yang telah membeli dari toko Anda untuk membagikan tautan toko ke pengikut media sosialnya untuk mendapatkan diskon di pembelian berikutnya.

5. Penawaran Untuk Pembeli Pertama

 

Banyak calon pembeli yang akan ragu membeli dari toko atau produk Anda jika mereka masih tidak begitu mengenalinya. Memberikan penawaran kepada mereka dapat menjadi hal yang mereka cari agar mau menjadi pelanggan.

Tip: Pastikan setelah calon pelanggan selesai melakukan pembelian, kirimkan pesanan itu segera. Kunci utama dari penawaran ini adalah memberikan kesan pertama yang baik.

6. Diskon Dengan Pembelian Minimum

Diskon berdasarkan jumlah total belanja adalah cara terbaik untuk melakukan upselling dan cross-selling. Hal ini akan membuat pembeli menaikkan jumlah belanjaannya dan meningkatkan jumlah pesanan rata-rata Anda.

Cara terbaik menggunakan taktik ini untuk toko online Anda adalah dengan menghitung jumlah pesanan rata-rata selama beberapa bulan terakhir. Kemudian, berikan diskon atau pengiriman gratis untuk semua pembelian yang dilakukan 10% hingga 20% di atas nilai pesanan rata-rata Anda.

Anda juga dapat memberikan diskon ini untuk produk tertentu. Jika ada produk yang ingin banyak dibeli oleh pelanggan, coba gunakan diskon ini.

Tip-Tip:

  • Gunakan aplikasi yang memungkinkan Anda mencantumkan diskon secara otomatis untuk total nilai belanja yang sudah mencapai nilai minimum tertentu.
  • Memberikan diskon dengan cara ini sangat sesuai untuk digunakan pada produk yang perlu diperbarui. Pasalnya, pelanggan tidak ingin kehilangan diskon yang tidak bisa mereka dapatkan lagi di kemudian hari.

7. Tawaran Eksklusif

kupon dan diskon

Tawaran eksklusif yang diberikan pada jaringan sosial Anda dapat menjadi cara menarik untuk membangun kesetiaan pelanggan yang menjadi pengikut setia Anda di media sosial. Ditambah lagi, cara ini memberikan alasan bagi calon pembeli untuk mengikuti dan melanggan kanal sosial Anda. Dengan begitu, Anda dapat memasarkan barang pada mereka di kemudian hari.

Tip: Coba memperluas jangkauan kampanye ini menggunakan iklan media sosial berbayar.

8. Diskon Pelanggan Setia

Memberikan diskon pelanggan setia dapat menaikkan tingkat kesetiaan pelanggan dan tetap bisa memberikan diskon pada pelanggan lainnya. Anda dapat membuat kode diskon eksklusif ke beberapa kelompok pelanggan. Hadiah dapat diberikan saat ulang tahun atau acara peringatan penting mereka.

Diskon ini dapat mempererat hubungan Anda dengan para pelanggan setia. Selain ulang tahun, Anda juga dapat memberikan potongan harga untuk memperingati hari mereka pertama kali melakukan pembelian, melakukan pembelian dengan total tertentu, dan melakukan pembelian dengan jumlah tertentu.

Tip-Tip:

  • Diskon ini dapat diberikan dengan cara sesederhana mengirimkan surel pribadi ke pelanggan setia yang telah diselipi diskon atau kupon. Anda dapat menggunakan aplikasi e-mail marketing yang dapat secara otomatis mengirimkan surel berisi diskon pada pelanggan yang telah melakukan pembelian dengan total nilai tertentu.
  • Jangan lupa ucapkan terima kasih dalam surel atau pesan yang dikirimkan karena apresiasi berdampak baik terhadap kesetiaan pelanggan.

9. Diskon Menghadiri Acara

kupon dan diskon

Jika menjadi tuan rumah suatu acara, baik secara offline atau online, Anda dapat menghadiahi orang-orang yang hadir dengan diskon atau hadiah. Diskon ini dapat diberikan selama atau setelah acara. Hal ini membantu untuk merawat hubungan dengan pelanggan tetap dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan jumlah orang yang hadir di acara berikutnya.

Tip-Tip:

  • Anda perlu sering mengumumkan adanya acara ini di hari-hari menjelang acara berlangsung melalui media sosial dan surel.
  • FOMO atau ketakutan ketinggalan promo atau diskon dapat memainkan peran penting dalam menarik pengunjung agar mengikuti acara tersebut. Jadi, pastikan Anda menekankan bahwa diskon tersebut hanya akan diberikan pada para pelanggan yang hadir dan hanya akan ada di acara itu saja.

10.  Penawaran Untuk Influencer

Jika bisnis sudah berjalan lancar, bisa jadi Anda dapat menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan toko online Anda. Bekerja sama dengan para influencer dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan lead dan meningkatkan penjualan.

Tip-Tip:

  • Buat kode diskon yang sesuai dengan audiensi influencer sehingga mereka dapat mengingat dan menggunakan kode itu dengan mudah.
  • Pastikan memilih influencer yang memiliki audiensi target yang sama dengan usaha Anda.

Cara apa pun yang Anda gunakan untuk memberikan tawaran, diskon, atau kopon, Anda dapat melakukannya dengan TokoPress.id. TokoPress.id menawarkan jasa pembuatan situs untuk toko online yang sudah dioptimasi dengan berbagai fitur dan plug-in, seperti:

  1. Halaman ucapan terima kasih yang dapat dikustomisasi sehingga Anda dapat menyisipkan tautan diskon untuk pembelian selanjutnya.
  2. Integrasi dengan Facebook Pixel dan Google Adsense untuk meningkatkan jangkauan promosi Anda.

Masih ada banyak lagi fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan persentase keberhasilan usaha Anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, klik di sini.