Fitur Wajib agar Toko Online Tak Ketinggalan Zaman

Tahukah Anda, 61,5% pengunjung enggan berlama-lama dalam suatu situs web toko online karena fitur-fitur di dalamnya tidak lengkap. Sedangkan sebanyak 38,5% audiens urung melakukan transaksi karena tampilan website yang ketinggalan zaman.

Perlu diingat, situs online shop perlu dilengkapi sejumlah fitur pendukung agar calon pembeli lebih nyaman berbelanja, mulai dari mencari informasi produk hingga pembayaran. Nah, apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Situs Ramah Pengguna

Situs web yang user-friendly jelas disukai karena mudah diakses. Pengunjung pun dapat menemukan apa yang dicari dengan mudah dan cepat. Lantas, bagaimana website yang ramah pengguna?

  • Mudah dan cepat diakses.
  • Menu navigasi jelas.
  • Struktur situs web rapi.
  • Penggunaan kombinasi warna yang pas.
  • Link mudah dikenali.
  • Judul konten menarik.
  • Konten berkualitas.
  • Form sederhana.
  • Call to Action yang jelas.
  • Responsif dan mobile-friendly.

2. Diskon dan Penawaran Khusus

toko online

Siapa sih yang tidak suka bila mendapatkan potongan harga atau penawaran khusus saat berbelanja? Taktik promosi ini bisa Anda jadikan alat untuk mendongkrak penjualan, membangun hubungan pelanggan jangka panjang, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan konversi.

Berikut beberapa ide yang bisa ditambahkan ke dalam fitur halaman promo Anda:

  • Harga khusus pada momen spesial, contohnya tanggal cantik atau hari gajian.
  • Penawaran terbatas, contohnya diskon hanya dalam 5 jam.
  • Gratis ongkos kirim dengan syarat pembelian.
  • Promo paket hemat.

3. Pendeteksi Fraud

Tingginya minat belanja online diikuti oleh tingginya minat kejahatan siber. Menurut statistik, 138 juta pelanggan e-commerce di Indonesia terancam fraud atau penipuan online.

Lindungi toko online Anda dengan mengintegrasikan pendeteksi fraud sebagai fitur utama. Selain berguna sebagai pelindung data pelanggan, ini menjadikan website Anda tempat berbelanja yang aman.

4. Layanan Chat Online

toko online

Live chat atau layanan chat online merupakan fitur wajib yang harus tersedia dalam lapak Anda. Ini adalah bagian dari layanan pelanggan yang memudahkan calon pembeli berkomunikasi dengan Anda saat memiliki masalah atau pertanyaan.

Selain itu, fitur ini juga menawarkan manfaat lain seperti meningkatkan angka penjualan hingga 40%, membuat konsumen nyaman, serta lebih hemat daripada menggunakan layanan pelanggan seperti call center.

5. Automasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran e-commerce merupakan fitur krusial untuk meningkatkan  keterlibatan pelanggan. Sekaligus menghemat lebih banyak sumber daya manusia dan waktu untuk menjalankan pemasaran.

Automasi pemasaran membantu Anda mengelola pekerjaan seperti membuat penawaran, email, analisis website, pemasaran media sosial, serta penjangkauan konten yang otomatis dan dipersonalisasi dalam skala besar.

Fitur ini memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada urusan yang lebih besar sambil menjalankan dan mengelola aktivitas bisnis di bawah satu platform, menjaga semua lancar, efisien, dan terorganisasi dengan baik.

6. Wishlist

toko online

Pernahkah Anda menginginkan suatu produk, tetapi baru akan membelinya kelak di masa depan? Fitur wishlist tentu memudahkan Anda untuk menemukan produk tersebut tanpa perlu mencari lagi melalui kolom pencarian.

Demi meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan Anda, perhatikan beberapa tips berikut:

  • Bebaskan user membuat wishlist sebanyak yang mereka ingin.
  • Tambahkan tombol bagi/share wishlist.
  • Tombol wishlist mudah ditemukan.
  • Sediakan fitur ini di setiap platform.

7. Rating dan Review Pembeli

toko online

Nyaris 100% calon pembeli membaca ulasan produk sebelum setuju membeli. Menurut data dari Bright Local, sekitar 57% konsumen hanya mau membeli produk yang memiliki rating produk di atas bintang 4.

Namun, bagaimana bila ada ulasan buruk dari pelanggan di toko online Anda? Tetaplah profesional, sampaikan permohonan maaf, beri respons yang baik, dan bila perlu tawarkan opsi solusi.

8. Integrasi SMS dan Email

Bangun hubungan dengan pelanggan melalui pemasaran yang efisien. Fitur e-commerce yang satu ini menempatkan segala informasi mengenai produk Anda tepat di hadapan pelanggan potensial Anda, sekaligus mendukung fungsi fitur automasi pemasaran.

Anda bisa memodifikasi fitur-fitur di dalamnya sesuai kebutuhan, seperti auto reply, pengiriman terjadwal, dan pengiriman massal. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim promosi, menginformasikan stok produk terbaru, memberi informasi terkait pesanan, dan lain-lain.

9. Payment Gateway

toko online

Fitur ini merupakan halaman pembayaran yang memudahkan transaksi dalam toko online Anda. Halaman ini menyediakan pilihan pembayaran yang beragam, sehingga pelanggan bebas memutuskan akan membayar melalui cara apa.

Proses transaksi pun dapat berjalan otomatis melalui payment gateway. Jadi, pembeli tidak harus repot mengirimkan bukti pembayaran. Selain itu, fitur dengan sistem canggih ini memberikan jaminan keamanan bagi pembeli dan penjual.

10. Google Analytics

toko online

Sebagai pemilik situs web, tentu Anda ingin mengetahui statistik dan insight dari situs web yang Anda kembangkan. Perangkat data besutan Google, yakni Google Analytics membantu Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan seperti kualitas website, sumber trafik, mudah tidaknya toko online Anda ditemukan di mesin pencari, banyaknya kunjungan, dsb.

Melalui data dari Google Analytics, Anda dapat memahami konten apa yang disukai audiens, bagaimana perilaku pengunjung situs web Anda, apa jenis kelamin mereka, berapa usia mereka, dan setiap hal terkait interaksi antara website dan pengunjung website Anda.

Semua data tersebut kemudian bermanfaat saat Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, membangun identitas brand, dan sebagainya. Tentu saja, makin berkualitas website Anda, makin banyak peluang yang terbuka untuk Anda mendapat keuntungan dan mengembangkan bisnis.

11. Blog E-commerce

Memiliki fitur blog keren di dalam website toko online Anda bisa jadi senjata jitu meningkatkan penjualan. Pertama-tama, tentukan tujuan blog bisnis Anda, lalu mulailah bangun kesadaran merek secara konsisten.

Apa saja manfaat blog bagi online shop Anda? Berikut di antaranya:

  • Sebagai media promosi dengan metode soft selling.
  • Memunculkan bisnis Anda pada mesin pencari.
  • Mengedukasi pembeli tentang produk Anda.
  • Menjangkau target pasar yang lebih luas.

Mulai Membuat Situs Web eCommerce dengan TokoPress

toko online

Mau punya situs e-commerce dengan segala fitur anti ketinggalan zaman di atas? TokoPress akan membantu Anda untuk membuat toko online dengan mudah dan cepat!

Selama 10 tahun lebih di dunia WooCommerce dan WordPress, tim TokoPress tahu apa yang Anda mau. Selain itu, tersedia elementor template lengkap dan variatif untuk halaman utama dan landing page.

Setiap elemen dalam web toko online Anda pun bisa dengan bebas dan mudah dikostumisasi. Tidak ketinggalan, semua fitur yang Anda butuhkan seperti di atas telah disediakan.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Pesan sekarang di TokoPress.