Formula Headline buat Toko Online

Tiga detik pertama orang membaca judul penawaran Anda adalah waktu krusial. Tujuan utamanya adalah membuat audiens tertarik membaca sampai selesai dan tentu saja, pada akhirnya mengenal dan membeli produk Anda.

Terkadang, Anda butuh lebih banyak waktu untuk membuat judul atau headline yang tepat sekaligus menarik. Bahkan sang Bapak Periklanan Dunia, David Ogilvy menghabiskan 80% waktunya untuk merancang headline yang tepat.

Sudah tahukah Anda? Ada formula yang bisa digunakan untuk menciptakan headline untuk toko online Anda. Apa itu? Baca terus untuk tahu jawabannya.

Jenis-jenis Headline Populer

Ada tiga hal penting dalam copywriting, yaitu headline, isi/konten, dan CTA (call-to-action). Dari sekian banyak jenis headline, ada beberapa yang dianggap punya pengaruh kuat untuk menarik audiens. Sebagai panduan, berikut beberapa di antaranya:

1. Benefit Headline

Sederhana saja; Jenis headline yang satu ini memiliki tujuan untuk menawarkan manfaat atau keuntungan bagi target Anda.

Contoh:

  • Beli 2 Gratis 1
  • Bonus Voucher Belanja Senilai 250.000 Khusus Pembelian Hari Ini

2. News Headline

Jenis judul ini berisikan berita atau pengumuman penting untuk audiens Anda. Dengan begitu, mereka bisa langsung mendapatkan poin atau fokus utama yang ingin Anda sampaikan. News headline cocok dipakai untuk memberi informasi terkait produk atau layanan baru.

Contoh:

  • Penemuan Ramuan Jawa ini Efektif Mencegah Corona
  • Pengumuman, Kelas Menulis Sudah Dibuka!

3. Question Headline

Judul dalam bentuk question alias pertanyaan ini merupakan salah satu jenis headline paling populer. Penulis biasanya memanfaatkan topik yang banyak diminati audiens. Tujuannya mendorong pembaca untuk mencari tahu jawabannya. Untuk itu, jangan lupa, pastikan isi konten Anda mampu menjawab pertanyaan yang tertulis dalam judul, ya.

Contoh:

  • Sudah Diet Paripurna, tapi Perut Tetap Buncit Sempurna?
  • Mau Toko Online Jadi Laris Sambil Duduk Manis?

4. Curiosity Headline

Pernahkan Anda membaca sebuah headline lalu penasaran dengan isinya? Inilah yang dimaksud Curiosity Headline. Jenis judul ini berisi kata-kata tertentu yang bisa membuat audiens penasaran dengan isinya. Biasanya, headline ini memakai kata “begini”, “ini”, “seperti ini”, dan lain-lain.

Contoh:

  • Begini Cara Cepat Menjual Produk Tanpa Iklan
  • Jangan Salah, Ini Bedanya Stiker Die Cut dan Stiker Kiss Cut

5. Fear Headline

Rasa takut adalah salah satu naluri manusia. Oleh sebab itu, trik fear headline bisa dibilang cukup ampuh memukau audiens. Headline ini biasanya memakai kata-kata seperti “waspada”, “hati-hati”, “awas”, dll.

Contoh:

  • Awas! Berkendara Sambil Main HP Bikin Kecelakaan!
  • Hati-Hati! Bahaya Merkuri pada Kosmetik Abal-abal!

Formula Headline buat Jualan

Dalam mengelola website toko online, Anda butuh lebih dari sekadar produk dan pelayanan yang baik untuk meningkatkan penjualan dan omzet. Mengoptimalkan headline bisa jadi salah satu cara menarik calon konsumen. Nah, berikut ini formula menciptakan headline menggunakan formula H E A D L I N E. Apa itu?

1. H = Helpful

Headline Anda harus bisa menyediakan solusi bagi masalah yang dialami oleh konsumen. Tentunya, harus disesuaikan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan dan siapa target pasar Anda.

Contoh:

Produk/jasa Anda adalah aplikasi pengelola keuangan dan target Anda adalah orang-orang yang memiliki masalah finansial atau utang. Contoh headline yang bisa Anda buat:

  • 2023 Bebas Utang, Terapkan 5 Tips Sehat Finansial Ini!

Atau, toko online Anda menjual obat alami penurun berat badan dan target Anda adalah ibu menyusui yang baru melahirkan. Ini contoh headline yang cocok:

  • Aman untuk Ibu Menyusui, Ini Cara Cepat Mengembalikan Berat Badan Ideal Pasca Melahirkan

2. E = Emotion

Audiens Anda adalah manusia yang memiliki perasaaan. Nah, headline yang sanggup mengusik emosi pembaca biasanya lebih efektif dalam mendorong mereka untuk melakukan aksi. Anda bisa memainkan beberapa emosi dasar manusia, seperti bahagia, kecewa, ketakutan, jijik, amarah, kepuasan, rasa bersalah, dll.

Contoh:

  • Kecewa dengan Internet di Rumah Anda? Pakai Indi-Go, Jadi Wuss!
  • Basmi Tikus dari Rumah Anda Selamanya!
  • Tak Ada yang Tahu Hari Esok, Lindungi Keluarga Anda dengan Asuransi Kami!

3. A = Ask

Buatlah judul dengan cara mengajukan pertanyaan yang bisa memicu rasa penasaran audiens. Trik formula yang satu ini bisa jadi salah satu cara efektif mendatangkan trafik ke blog toko online Anda.

Contoh:

  • Apakah Digital Marketing yang Anda Lakukan Sudah Benar?
  • Mau Jadi Trader Kripto? Ketahui Hal Ini Terlebih Dahulu!

4. D = Do’s & Don’ts

Manusia terbiasa meminta bantuan dari orang lain, termasuk mencari tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak. Nah, Anda bisa menggunakan formula Do’s & Don’ts ini untuk menggaet audiens.

Contoh:

  • Lakukan 5 Hal Ini agar Website Anda Mendominasi Halaman Pencarian
  • Jangan Lakukan Ini saat Kulit Bayi Anda Terkena Ruam!

5. L = List

Tahukah Anda? Artikel berisi panduan merupakan salah satu konten paling populer yang bisa dibilang cukup efisien untuk meningkatkan trafik. Anda bisa menuliskan berapa jumlah panduan yang akan disebutkan agar lebih spesifik.

Contoh:

  • 7 Cara Memilih Handlebar Sepeda Fixie untuk Remaja
  • Kasur Anda Bau Apek dan Bikin Gatal-gatal? Ini 3 Cara Mengatasinya!

6. I = Inspire

Seperti arti katanya, buatlah headline yang mampu mengilhami atau menjadi inspirasi bagi audiens dan calon konsumen Anda.

Contoh:

  • Ayo Kalahkan Rasa Malas Anda, Ini Caranya!
  • Sukses Finansial Sebelum Usia 40? Bisa!

7. N = Nightmare

Seperti jenis fear headline, formula nightmare yang akan Anda terapkan memiliki tujuan untuk membangkitkan rasa takut pada audiens. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan efek dramatisasi yang timbul bila tidak menggunakan produk/jasa Anda.

Contoh:

  • Kebiasaan Ini adalah Pemicu Penuaan Dini pada Kulit
  • Bahaya Mengintai Kapan Saja, Pasang CCTV di Rumah Anda Sekarang!

8. E = Empathy

Sejatinya, tidak ada orang yang tidak ingin diperhatikan. Manfaatkanlah fakta ini; Posisikan diri Anda sebagai target konsumen, lalu buatlah headline yang bisa menunjukkan rasa empati kepada mereka.

Contoh:

  • Capek Ya Baca Buku Ini? Sini, Aku Rangkumin untuk Kamu
  • Kamu Cantik Apa Adanya, 7 Outfit Oversize Ini Cocok untuk Si Extra Large

Optimalkan Bisnis dengan Toko Online

Apakah bisnis Anda sudah go online? Harus diakui, bisnis yang telah go online punya kesempatan lebih banyak untuk dikenal oleh calon konsumen. Hal ini pun pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat penjualan dan keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Memiliki website toko online kini makin mudah, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga demi mempelajari tekniknya satu-persatu. TokoPress adalah jasa membuat online shop andalan dan tepercaya. Proyek Anda pun akan di-handle langsung oleh tim ahli yang berpengalaman.

Yuk, go online dengan TokoPress sekarang! Jangan lupa, kenal dan pahami target konsumen Anda. Lalu setelah itu, terapkan formula headline di atas untuk menarik lebih banyak pengunjung ke website toko online Anda!