Tak dapat dimungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah kebiasaan orang-orang berbelanja. Alih-alih pergi ke toko secara langsung, orang-orang lebih memilih untuk memesan produk yang dibutuhkan melalui ponsel di toko online. Belanja online dinilai lebih praktis karena pelanggan tidak harus mengantre tanpa henti. Namun, tak jarang pelanggan merasa kecewa lantaran produk yang diterima memiliki kualitas rendah atau tidak sama dengan gambar yang tampak di layar.
Kendati belanja offline memang menguras waktu, Anda bisa mendapatkan pengalaman belanja lebih menyenangkan. Anda bisa melihat dan menyentuh langsung produk yang hendak dibeli serta melakukan pengecekan terkait kualitas barang. Toko ritel offline juga menyediakan berbagai metode pembayaran untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan.
Checkout Line Bukanlah Sesuatu yang Buruk
Tujuh dari 10 pengecer melaporkan bahwa pembeli yang terpaksa menunggu dalam antrean menyerah untuk melakukan pembelian dan meninggalkan toko dalam waktu lima menit. Antrean yang panjang dapat menghalangi pelanggan lain untuk datang. Selain dianggap terlalu ramai, mereka mengantisipasi pengalaman berbelanja yang buruk dan waktu tunggu pembayaran yang lama.
Banyak pemilik toko yang menghindari antrean panjang dengan cara memulai line busting, mengurangi waktu tunggu secara keseluruhan. Line busting mengacu pada taktik yang membantu mengurangi waktu tunggu dan antrean checkout di toko ritel atau bisnis berbasis layanan. Misalnya: Anda memesan secara online dan mengambilnya di toko, Anda akan mendapat manfaat dari line busting.
Penghilang antrean sangat penting dalam pengaturan ritel karena mampu mengurangi antrean di kasir ketika pembayaran. Cara ini membantu pelanggan sekaligus memberi Anda kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Penghilang antrean dapat mempercepat pembayaran, mengurangi kepadatan toko, dan meningkatkan layanan pelanggan. Makin cepat pengalaman check out, makin banyak penjualan yang dapat Anda hasilkan. Pengeluaran untuk tenaga kerja pun dapat Anda tekan semaksimal mungkin.
Pengalaman check out lebih cepat dapat membebaskan karyawan Anda menghabiskan sebagian besar waktu kerja di konter check out. Ketika Anda berhasil mengurangi antrean, mereka dapat melakukan pekerjaan lain yang tak kalah penting. Mulai dari mengisi persediaan, memberi informasi dan membantu pelanggan lain mendapatkan produk sesuai kebutuhan, dan lainnya.
Selain mengurangi kepadatan toko, cara tersebut juga mampu menekan biaya pengeluaran Anda. Ketika toko menerapkan line busting, Anda secara tidak langsung telah membantu pelanggan menggunakan waktu berharganya untuk hal lain.
Membuat Pengalaman Belanja Pelanggan Lebih Baik
Untuk menciptakan pengalaman belanja lebih menyenangkan, terdapat beberapa hal yang dapat Anda coba.
Meningkatkan POS
Perangkat seluler dapat membantu mengurangi kemonotonan antrean panjang. Anda bisa menggunakan software Point of Sale (POS) untuk mempersingkat waktu check out. Selain itu, kirim email berisikan informasi keranjang untuk mendorong pelanggan melakukan pembayaran. Fitur menyimpan keranjang untuk berbelanja nanti juga efektif digunakan untuk mengurangi antrean belanja.
Menambahkan Upsell dan Cross-sell
Menambahkan promosi upselling dan cross-selling cukup efektif meningkatkan pengalaman belanja dan memotong antrean di kasir. Contoh: ketika Anda memiliki salon kecantikan dan antrean menyebabkan banyak pelanggan menunggu, Anda bisa menawarkan mereka melakukan pemesanan untuk memutus antrean yang terlalu panjang.
Anda juga bisa menarik pelanggan baru sekaligus meningkatkan pengalaman belanja mereka dengan mengizinkan pihak ketiga mengambil pesanan atas nama pembeli asli. Pastikan bahwa pihak ketiga memperlihatkan ID dan menyertakan gambar sebagai bukti pengiriman.
Bundling Produk Untuk Mendorong Penjualan
Menawarkan paket bundling kepada pelanggan dinilai sebagai peluang untuk mendorong mereka melakukan pembelian cepat dan mengurai antrean. Gunakan produk populer agar pelanggan tertarik dan menambahkan lebih banyak item ke keranjang mereka. Berikan diskon tambahan untuk meningkatkan penjualan.
Cara Pengecer Mempersiapkan Terjadinya Peningkatan Lalu Lintas Pejalan Kaki
Lalu lintas pejalan kaki menjadi ujian untuk pengecer. Namun, di sisi lain hal ini merupakan peluang utama yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat pengalaman belanja di toko menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Beberapa cara untuk mempersiapkan lalu lintas pejalan kaki untuk mengurai kerumunan dan antrean, sebagai berikut.
Buat Pelanggan Anda Sibuk
Cara paling cepat untuk meningkatkan pengalaman antrean pembayaran adalah dengan menyibukkan pelanggan Anda. Mengingat pembelian ritel melonjak 51% saat pelanggan mengantre, gunakan kesempatan ini untuk mengajak pelanggan mendaftar buletin atau tawarkan diskon setelah mengisi survei. Cobalah untuk mempertimbangkan penambahkan tanda digital yang dapat memfasilitasi pengambilan nomor antrean untuk layanan lebih baik. Bisa juga dengan menyediakan televisi atau hiburan saat antrean bergerak.
Bereksperimen Dengan Berbagai Strategi Antrean
Sebelum Anda mempekerjakan lebih banyak staf untuk menjaga setiap baris antrean bergerak dengan tertib, pertimbangkan untuk menerapkan strategi antrean yang berbeda sesuai kebutuhan. Contoh: beberapa pengecer menyadari bahwa jalur antrean umum lebih efektif meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi perasaan tidak adil di antara pembeli yang cemas telah memilih jalur antrean panjang.
Menawarkan Pendaftaran Aplikasi
Setiap pelanggan memiliki preferensi berbeda. Tawarkan pendaftaran aplikasi untuk memenuhi seluruh preferensi pelanggan. Ketika mereka melakukan pendaftaran online, pelanggan dapat mengurangi waktu tunggu antrean. Contoh: beberapa restoran menawarkan pemberitahuan kepada pelanggan yang mendaftar aplikasi, untuk memastikan mereka siap menerima pesanan.
Gunakan Tap To Pay
Tap to pay makin populer sejak COVID. Selain dianggap lebih praktis, pembayaran tap to pay juga aman karena memungkinkan Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Membiarkan pelanggan menggunakan pembayaran digital atau tap to pay dapat mengurangi potensi masalah ketika check out dan efektif mengurangi antrean.
Ketika Anda mengganti konter check out manual dengan check out seluler, Anda telah menciptakan lebih banyak peluang bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan staf. Lantaran karyawan Anda tidak terjebak di belakang mesin kasir, mereka bisa memberikan layanan terbaik dan membantu pelanggan sepenuh hati. Meskipun tampak sepele, cara ini terbukti meningkatkan penjualan dan omzet bulanan Anda.
Pick Up di Tepi Jalan
Pick up di tepi jalan menjadi solusi untuk mengurangi antrean di toko. Anda bisa mempekerjakan karyawan khusus untuk mengirimkan pesanan kepada pelanggan. Tak hanya memotong antrean, cara ini efektif meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kesimpulan
Bagi beberapa pengecer, antrean panjang bisa menjadi tanda bahaya. Terutama mereka yang ingin memotong antrean seminimal mungkin. Namun, tren terkini menunjukkan bahwa pengecer tertarik untuk mengubah antrean checkout menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan.
Bagi yang ingin menambah pengalaman checkout line ritel, Anda akan menemukan peluang dengan papan reklame digital, peningkatan penjualan, dan strategi penjualan silang. Apabila dikelola dengan baik, hal ini bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.
Demikianlah informasi mengenai cara mengurangi antrean beserta cara mengubah antrean menjadi pengalaman yang menyenangkan. Berbekal informasi tersebut, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan potensial dan melebarkan sayap bisnis Anda.
Semoga bermanfaat!