Bisnis online berbasis chat commerce di Indonesia sudah menjadi tren, karena pada dasarnya sebagian besar konsumen di sini lebih suka bertransaksi jual beli dengan sentuhan personal.
Jadi, mereka lebih merasa nyaman untuk menanyakan langsung kepada penjual tentang spesifikasi produk, sistem pengiriman, dan lain-lain yang dianggap rumit bila dilakukan melalui kanal e-commerce.
Nah, apa saja sih keuntungan yang bisa didapat bila website toko online Anda menggunakan chat commerce? Selain itu, bagaimana cara memanfaatkan fitur ini dalam proses pengembangan bisnis Anda? Yuk cari tahu!
7 Keuntungan bila Toko Online Anda Pakai Chat Commerce
Pertumbuhan bisnis di era digital telah sedemikian besar. Hal ini mau tak mau menuntut pelaku bisnis untuk bekerja lebih cerdas. Tentu saja demi bisa mengikat pelanggan dengan cara-cara yang lebih efektif dan efisien.
Chatting dapat dilakukan secara real-time dan sifatnya praktis. Ini yang membuat konsumen lebih suka mengirimkan pesan melalui aplikasi chat daripada harus menelepon atau membuka e-mail saat punya pertanyaan atau memerlukan bantuan. Ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila memakai chat commerce untuk lapak online:
1. Pengalaman belanja aman dan lebih personal
Konsumen akan merasa puas karena bisa merasakan pengalaman berbelanja online yang sudah pasti lebih personal. Fasilitas ini juga mudah digunakan dan lebih cepat respons, sehingga pelanggan akan merasa aman bertransaksi dengan Anda.
2. Kemudahan update pesanan
Ketika berbelanja online, konsumen biasanya bertanya-tanya: bagaimana status pesanan, apakah barang telah dikirim, mungkinkah pembayaran bisa secara COD (cash on delivery), permintaan nomor resi, dan lain-lain.
Bila pihak seller bisa dengan sigap menjawab pertanyaan dan dapat mengirimkan semua rekap yang diminta, tentu kepercayaan pelanggan bisa makin meningkat. Toko online Anda pun makin kredibel.
3. Meningkatkan konversi penjualan
Interaksi Anda dan pelanggan telah terlaksana, kepercayaan pelanggan pun sudah Anda miliki. Selanjutnya, tentu saja konversi penjualan akan meningkat. Pada akhirnya, omzet turut naik berlipat-lipat.
4. Shopping cart abandonment menurun
Tidak semua konsumen memahami cara bertransaksi melalui website toko online. Bisa saja setelah memasukkan produk ke keranjang, tidak ada transaksi lanjutan yang diselesaikan. Sementara melalui chat commerce, mereka tinggal menghubungi penjual untuk melakukan transaksi.
5. Otomatisasi dalam pelayanan
Menggunakan fitur chat ini, berarti Anda bisa melayani pelanggan secara optimal dan otomatis menggunakan sistem chatbot. Teknologi canggih ini bisa membalas pertanyaan berulang yang diajukan oleh pelanggan. Contohnya, informasi ketersediaan stok, status pengiriman, dan lain-lain.
6. Punya akses database pelanggan
Data-data seperti nomor ponsel, alamat e-mail, alamat pengiriman, dan lain sebagainya terangkum dalam database pelanggan. Ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan marketing selanjutnya. Contohnya, Anda bisa mengirimkan newsletter atau voucher belanja ke email pelanggan dan diarahkan langsung ke website Anda.
7. Meningkatkan Trafik Website Anda
Menggunakan metode digital marketing dengan mengarahkan pelanggan langsung ke website Anda, pastinya bisa meningkatkan trafik. Tidak hanya itu, peringkat SEO (search engine optimization) website Anda pun bisa turut naik di mesin pencari.
5 Jurus Meningkatkan Penjualan dengan Chat Commerce
Bila website toko online Anda sudah terintegrasi fitur chat commerce, simak tips cara memanfaatkannya berikut ini:
1. Bangun komunikasi melalui kustomisasi sapaan
Jangan biarkan pelanggan memasuki toko Anda tanpa mendapat sambutan. Manfaatkan fitur kustomisasi greeting atau sapaan untuk menyiasati hal ini. Tidak lupa, tawarkan pula bantuan kepada audiens untuk menciptakan kesan pertama yang baik.
2. Aktifkan fitur balas cepat
Fitur ini sangat berguna untuk menjawab pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Selain hemat waktu, Anda juga bisa sekaligus mengurangi biaya untuk membayar tenaga kerja. Fitur balas cepat inipun umumnya bisa mengirim pesan dalam bentuk teks/tulisan, gambar, maupun link URL.
3. Ajak pengunjung untuk mengisi data
Ajak visitor membuat akun atau mengisi data di toko online Anda. Sebuah notifikasi pun akan dikirimkan kepada pelanggan bila toko Anda memiliki info atau produk terbaru. Dengan begitu, akan memudahkan Anda menjangkau mereka untuk kembali berbelanja.
4. Informasikan bila ada produk spesial
Terkadang, orang berbelanja tidak cuma untuk kebutuhannya sendiri, tetapi juga untuk orang lain sebagai hadiah. Momen ini biasanya memuncak ketika hari libur besar datang, seperti libur Natal, Idul Fitri, dan lain-lain. Nah, jangan melewatkan kesempatan ini, segera informasikan produk spesial ini pada pelanggan Anda.
5. Minta feedback pelanggan
Buat pelanggan Anda merasa spesial. Mintalah feedback, ulasan, dan pendapat mereka mengenai kualitas layanan yang Anda berikan. Tawarkan cara paling mudah untuk melakukan ini. Misalnya, pilihan emotikon yang bisa mewakili pengalaman mereka terhadap pelayanan toko online Anda. Buatlah sesederhana mungkin supaya pelanggan tidak perlu bersusah payah.
5 Chat Commerce Populer di Indonesia
Menurut survey, 83% pelanggan menyukai chat commerce sebagai pilihan utama dalam bertransaksi bisnis. Apa saja chat commerce yang biasa dipakai di Indonesia? Ini dia:
1. Whatsapp Business
Diluncurkan sejak 2018, Whatsapp Business adalah primadona bisnis digital. Beragam fitur canggih ditawarkan, mulai dari balas cepat, pesan broadcast, katalog produk, analisis data statistik, integrasi media sosial, kode QR, hingga away message.
2. Line for Business
Aplikasi Line untuk Bisnis punya beragam keunggulan. Misalnya, fitur timeline, pesan broadcast, distribusi kupon atau campaign, statistik data audiens, dan opsi akun premium untuk layanan eksklusif.
3. Qontak
Aplikasi ini memiliki fitur kecerdasan buatan atau ChatBot yang akan membantu Anda berinteraksi dengan pelanggan. Anda juga dapat dengan mudah menjawab pertanyaan pelanggan dari mana saja dan kapan saja melalui fitur web chat dan live chat.
4. Zopim
Zopim merupakan software pesan yang bisa menyinkronkan percakapan ke berbagai perangkat mobile. Berbeda dengan Whatsapp dan Line for Business yang tersedia gratis, untuk menggunakan Zopim Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp157 ribu per bulan.
5. LiveChat
Layanan pesan yang satu ini menawarkan fitur super lengkap. Mulai dari salam otomatis, informasi penjualan, form after-hours, laporan dan analisis, berbagi file, respons yang direkam, transkip, dan lain-lain.
Optimalkan Layanan Bisnis Online dengan Chat Commerce
Terutama bagi Anda yang baru saja beralih ke bisnis online, pastikan lapak Anda memiliki layanan chat commerce untuk meningkatkan pengalaman belanja para konsumen. Selain menawarkan efektivitas biaya dan waktu, fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk memanjakan pelanggan loyal untuk selalu kembali ke toko Anda.
Setelah mengenal manfaat dan cara menggunakannya, bisa disimpulkan bahwa setiap online shop sebaiknya dilengkapi fitur layanan pesan ini. Nah, apakah Anda ingin memiliki website toko online yang terintegrasi chat commerce sebagai salah satu fitur andalan?
Hubungi tim TokoPress.id sekarang untuk mulai membangun lapak online Anda! Apapun produk yang Anda jual dan bisnis apapun yang Anda jalankan, pastikan hanya di TokoPress tempat membuat toko online Anda!