7 Cara Bikin Rating Toko Online Meroket

Tahukah Anda? Sekitar 89% konsumen melakukan riset sederhana di internet sebelum akhirnya memutuskan bertransaksi di sebuah toko online. Dari persentase tersebut, 80% di antaranya akan mengurungkan niat untuk membeli saat mendapati ulasan atau penilaian buruk tentang produk maupun tokonya.

Sepenting itulah penilaian pelanggan terhadap perkembangan bisnis online Anda. Nilai performa toko atau yang biasa disebut rating ini wajib diperhatikan. Tidak hanya untuk menciptakan kepercayaan calon pembeli, tetapi juga menaikkan potensi pembelian ulang oleh pelanggan.

Lalu, bagaimana sih cara menaikkan rating toko Anda? Simak tipsnya dalam artikel ini!

Keuntungan bila Rating Toko Online Anda Tinggi

rating toko online

 

Berikut adalah beberapa manfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda bila berhasil membuat konsumen memberikan rating tinggi:

1. Menumbuhkan kepercayaan konsumen

Anda pasti setuju bahwa menjaga kepercayaan konsumen adalah hal paling penting bagi setiap bisnis. Dengan menunjukkan rating yang tinggi, calon pembeli bisa mantap mengambil keputusan untuk menyelesaikan transaksi di lapak Anda.

Sementara bagi pelanggan tetap, mempertahankan rating toko bisa membuat mereka makin loyal, cenderung akan kembali lagi, dan mungkin saja merekomendasikan toko Anda kepada orang lain.

2. Strategi marketing gratis

Setiap konsumen yang puas dengan produk dan layanan toko Anda biasanya akan dengan senang hati membagikan pengalamannya. Tidak hanya menuliskan ulasan di halaman testimoni toko Anda, tetapi juga di media sosial, blog, ataupun mengunggah foto produk beserta ulasannya di akun sosial media pribadi mereka.

Bisa dibilang, ini adalah taktik pemasaran gratis yang efektif dan tentu saja akan mempengaruhi tingkat penjualan toko Anda.

3. Meningkatkan visibilitas toko

Orang-orang masih sangat mengandalkan Google dalam mencari informasi. Sebagai pendukung teknik SEO (Search Engine Optimization) sederhana, membuat pelanggan memberi nilai tinggi untuk toko Anda secara otomatis akan membuat bisnis Anda di deretan teratas mesin pencari.

4. Meningkatkan penjualan

rating toko online

Setiap pemilik bisnis pasti ingin memiliki tingkat penjualan tinggi. Nah, dengan rating toko tinggi, Anda sudah membangun kepercayaan pelanggan. Hasilnya, penjualan ikut naik dan omzet pun turut meroket.

Trik Menaikkan Rating Toko Online

Anda menemukan dua toko menjual produk yang sama; toko yang satu memiliki rating 5 dan yang satu lagi hanya 4. Dari toko yang mana Anda akan memutuskan membeli produk tersebut?

Faktanya, 57% orang hanya berkenan membeli produk dari toko yang memiliki rating di atas bintang 4. Artinya, konsumen cenderung mengabaikan toko dengan rating bintang 4 ke bawah.

Demi mempertahankan bintang 5 pada rating toko Anda, ini beberapa trik dan tips yang bisa Anda lakukan:

1. Respons cepat

Pada dasarnya, berjualan secara online sama seperti membuka toko di rumah, bedanya tidak ada bentuk fisiknya. Jadi, Anda pun harus siap sedia menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh konsumen.

Responsif adalah kunci. Kecepatan Anda memberikan respons terhadap chat calon pembeli sangat berdampak pada ulasan dan penilaian yang akan Anda terima. Bila terlalu lama menunggu, bisa-bisa calon pembeli akan pergi dan mulai bertanya ke toko yang lain.

Buatlah target batas maksimal untuk menanggapi pertanyaan pelanggan. Misalnya, 15 menit atau maksimal 1 kali 24 jam. Bila lebih dari itu, berarti Anda menerima konsekuensi ditinggalkan oleh konsumen potensial. Anda bisa menyiasati hal ini dengan mengaktifkan fitur balas otomatis di layanan chat commerce toko online Anda.

2. Pancing review positif

Respons cepat, kualitas produk baik, dan pelayanan memuaskan memudahkan Anda menaikkan rating. Sayangnya, tidak semua pelanggan secara inisiatif memberikan penilaian setelah pesanan selesai.

Anda bisa memancing pelanggan untuk memberikan ulasan serta penilaian. Contohnya:

  • Kirimkan ucapan terima kasih: “Terima kasih telah menjadi pelanggan setia kami. Jangan lupa beri ulasan baik dan klik bintang 5 ya.”
  • Menjanjikan reward bila konsumen memberi bintang 5: “Beri kami 5 bintang, dapatkan langsung 25 poin cashback!

3. Kualitas, bukan kuantitas

rating toko online

Apakah Anda percaya bahwa kuantitas itu mengikuti kualitas? Yang dimaksud di sini adalah banyaknya produk yang laku berbanding lurus dengan kualitas produk yang bagus. Jadi, bila kualitas produk menurun, kuantitas produk yang laku pun ikut turun.

Inilah pentingnya menjaga kualitas produk toko online Anda. Perhatikan tips berikut:

  • Jangan pernah menjual produk tidak layak pakai, rusak, palsu (KW), dan lain sebagainya.
  • Bila produk Anda memiliki kualitas KW, jelaskan dengan jujur. Baik itu KW 1, KW 2, ataupun KW super. Caranya, Anda bisa menyelipkan kata-kata ini di bagian deskripsi: “mendekati asli” atau “produk kloning.”

4. Pengiriman cepat

Saat membangun toko online, pastikan Anda membuat aturan batas waktu maksimal pengiriman produk yang telah dipesan. Misalnya:

  • Pesanan akan batal secara otomatis bila waktu pengiriman lewat dari tenggat waktu.
  • Pembeli diberi hak untuk melakukan pembatalan pesanan jika seller terlalu lama merespons atau mengirim, meski waktu tenggat belum berakhir.

Perlu dicatat, bila toko Anda tidak melayani pengiriman saat hari libur, pastikan untuk menginformasikan hal tersebut kepada pelanggan.

5. Psikologi harga

Menurut profesor terkemuka Harvard, 95% keputusan membeli terjadi atas dorongan alam bawah sadar. Anda perlu menerapkan teknik psikologi harga demi meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan untuk memberi rating tinggi. Bagaimana caranya?

Lakukan riset sederhana untuk mendapatkan harga kompetitif dari para kompetitor Anda. Contohnya, bila toko sebelah memberi harga Rp40.000, Anda menawarkan harga Rp39.999. Ini akan memancing pelanggan untuk berpikir “beli di sini saja, lebih murah.”

6. Gratis ongkir

Salah satu trik super ampuh meningkatkan rating toko online Anda adalah program gratis ongkir. Agar tidak rugi, Anda perlu melakukan perhitungan cermat atau menerapkan trik lain. Contohnya, gratis ongkir untuk wilayah tertentu atau dengan minimum pembelian.

7. Flash sale

Buat promosi menarik seperti flash sale untuk meningkatkan penjualan Anda. Selain menarik lebih banyak pembeli, bila dilakukan secara rutin akan membuat pelanggan selalu menunggu-nunggu flash sale di toko Anda.

Anda bisa memanfaatkan momen spesial seperti akhir pekan, hari libur besar, di jam tertentu atau di tanggal-tanggal cantik.

Bangun Toko Online Idaman Anda dengan TokoPress

Menggaet calon pembeli bisa jadi tugas yang mudah, tetapi membuat pelanggan datang berbelanja lagi bisa jadi usaha yang butuh perjuangan. Namun, semua pekerjaan jadi menyenangkan bila Anda tahu cara menaklukkannya.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki toko dengan rating bintang 5 dan omzet meroket setiap hari? Trik mendapatkan rating bintang 5 dari pelanggan di atas sangat menarik sekaligus menantang. Pastikan Anda melakukan evaluasi setelah menerapkan semuanya agar rating tidak turun, ya.

Nah, kalau Anda, toko online seperti apa yang Anda idam-idamkan? Di TokoPress.id, ada bermacam-macam theme untuk apapun niche bisnis Anda. Desainnya responsif, punya fitur lengkap, dan bisa dipersonalisasi sesuai dengan keinginan Anda. Mau? Order sekarang di sini!