7 Trik Rahasia agar Customer Sering Berbelanja di Website Toko Online

Menurut data dari CupoNation tahun 2018, sekitar 11,9 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia telah beralih menjadi online shopper. Pertanyaannya, bagaimana cara menarik perhatian mereka  agar sering berbelanja di website toko online yang Anda miliki?  Yuk, simak 7 trik rahasia agar customer sering berbelanja di website e-commerce.

1. Integrasikan Blog di Website Toko Online

Trik rahasia pertama yang bisa dicoba adalah mengintegrasikan blog. Perlu diketahui, blog berguna untuk menuliskan konten produk, menjual, dan memasarkan produk yang akan dijual. Blog juga menjadi tempat untuk bertanya dan menjawab pertanyaan para customer.

Melalui platform tersebut, Anda pun bisa memperluas pemasaran produk dengan menulis konten tentang tutorial, tips, dan gaya hidup. Konten tulisan tersebut dapat dihubungkan dengan produk yang dijual.

Semakin sering konten blog diperbarui, semakin sering pula blog akan dikunjungi. Tentunya, ada faktor-faktor lain yang memengaruhi, seperti: banyaknya jumlah kata, mutu konten, dan penggunaan teknik SEO (Search Engine Optimization) yang tepat.

Jika hal-hal demikian sudah diterapkan dengan benar, traffic blog pun akan meningkat. Hasilnya, pengunjung akan lebih familier dengan produk yang dijual di website toko online bersangkutan dan sering berbelanja di sana.

2. Maksimalkan Penggunaan Email untuk Pemasaran

Memaksimalkan penggunaan email untuk memasarkan produk juga salah satu trik yang bisa Anda gunakan. Penggunaan email bertujuan untuk membuat banyak customer sering berbelanja di website Anda.

Buat daftar email pelanggan untuk mengirimkan informasi produk dan konten terbaru ke email mereka.

Customer yang pernah melakukan pembelian di lapak online Anda, diberikan keistimewaan berupa voucer potongan harga atau cashback ketika berbelanja produk. Tujuannya agar customer tertarik mendaftarkan email mereka demi reward yang akan didapatkan.

3. Promosikan Produk ke Media Sosial

Trik rahasia selanjutnya adalah mempromosikan toko dan jualan online Anda ke berbagai media sosial yang terkenal. Di Indonesia, media sosial yang paling populer penggunaannya adalah Facebook, YouTube, dan Instagram.

Manfaatkan penggunaan ketiga media sosial untuk melakukan branding terhadap toko dan barang yang Anda miliki.

Anda bisa memasarkan produk melalui foto yang keren dan video tutorial serta tips penggunaan produknya di ketiga media sosial tersebut. Tuliskan caption yang sesuai dan maksimalkan penggunaan tanda tagar untuk mengampanyekan barang di lapak online Anda.

4. Adakan Program Giveaway

Jika Anda penggiat di media sosial, Anda pasti sering menemukan banyak toko online  yang mengadakan program giveaway. Program giveaway biasanya membagikan dua atau tiga barang gratis. Namun, yang ingin mengikuti “kompetisi” tersebut harus menuruti persyaratan yang diajukan pemilik toko.

Anda bisa menggunakan strategi pemasaran yang satu ini untuk jualan online. Tujuannya agar dapat memperkenalkan dan juga memasarkan toko Anda. Di saat yang sama, Anda sedang membangun kepercayaan customer terhadap toko dan produk jualan Anda.

Anda juga akan mampu membangun backlink dan melakukan promosi ke berbagai pelanggan. Toko Anda akan dipromosikan secara estafet ke berbagai akun media sosial melalui program giveaway.

5. Kumpulkan Testimoni dan Ulasan Customer

Untuk meyakinkan customer bahwa toko Anda cukup tepercaya adalah dengan menyediakan ruang penilaian dalam bentuk testimoni. Sediakan kolom khusus agar para customer bisa membagikan kesan dan pesan yang mereka rasakan ketika berbelanja di toko Anda.

Ulasan dari pembeli juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan dan jualan online. Selain itu, testimoni dan ulasan berguna untuk memberikan penguatan kepada pembeli bahwa website toko yang bersangkutan cukup kredibel di antara para pembeli. Akibatnya pembeli akan menjadi loyal dan terus membeli berbagai barang di lapak online Anda.

Dengan banyaknya testimoni dan ulasan, bisa menjadi sarana pemasaran dan iklan gratis.

6. Cobalah Menggunakan AdWords

Pernah mendengar tentang AdWords? Dikenal sebagai jaringan iklan milik Google, Anda bisa memaksimalkan penggunaan AdWords di website toko Anda. Jika website Anda terafiliasi dengan Google, Anda pun bisa memanfaatkan AdWords.

Tempatkan jaringan iklan tersebut di website agar pembeli dapat dengan mudah mengakses langsung ke toko ketika mengetik keyword yang berhubungan dengan produk yang Anda jual. Otomatis nama website Anda akan muncul di urutan pertama hasil pencarian.

Selain itu, keuntungan memasang AdWords di situs Anda adalah pada kecepatan dan jangkauan luas pemasaran terhadap iklan. AdWords juga bisa Anda filter untuk mencapai segmen yang diinginkan.

7. Gunakan Strategi Endorse

Apa hubungannya selebgram dengan endorse? Jika Anda mengikuti selebritas di media sosial, Anda akan melihat banyak selebritas melakukan endorse berbagai produk. Selebritas ini biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial. Mereka akan memanfaatkan ketenaran yang dimiliki di media sosial untuk menjual produk ke para pengikut mereka

Gunakan strategi endorse ini juga untuk memasarkan produk Anda. Anda bisa melakukan kerja sama dengan selebgram. Pilihlah selebgram yang memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengikut di media sosialnya.

Selebgram yang menerima endorse akan berfoto atau membuat video dengan produk Anda, lalu membuat caption yang menarik dan menandai toko Anda. Pengikut selebgram tersebut akan melihat dan mengeklik toko yang telah ditandai. Strategi ini bisa menarik banyak customer untuk membeli lebih sering di toko Anda.

Apakah Anda sudah pernah mencoba menggunakan ketujuh trik rahasia di atas? Semua trik di atas cukup layak untuk dicoba agar banyak customer kembali lagi membeli produk-produk ke website toko online Anda. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *