Toko Online Anda Belum Pakai TikTok? Yuk, Bikin!

Dalam waktu beberapa tahun sejak kemunculannya, TikTok sudah menjadi jaringan sosial terbesar ketiga sedunia setelah Facebook dan Instagram. Dengan lebih dari satu milyar pengguna aktif yang rata-rata menghabiskan waktu 32 menit tiap kali akses, TikTok menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling menarik.

Dengan banyaknya pengguna dan tingginya aktivitas di kanal tersebut, kesempatan menggunakan kanal tersebut untuk memperkenalkan bisnis Anda ke dunia sangatlah besar. Artikel berikut akan menjelaskan tujuh cara mudah menggunakan TikTok bisnis.

1. Buat Akun TikTok Bisnis

titkok

Anda butuh akun TikTok bisa agar bisa menggunakannya untuk mendongkrak kepopuleran bisnis. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Unduh aplikasi TikTok dari perangkat seluler Anda.
  • Setelah itu, lakukan registrasi, membuat nama pengguna, menambahkan foto profil, bio, dan tautan ke akun Instagram dan Youtube Anda.
  • Setelah semuanya selesai, barulah Anda upgrade ke akun pro. Caranya, klik di pojok kanan atas (di ikon dengan tiga titik).
  • Lalu, klik Manage Account kemudian Switch to Pro Account. Pilih tipe akun Bisnis. Setelah itu, pilih kategori bisnis yang paling mewakili bisnis Anda.
  • Terakhir, tambahkan situs web dan alamat surel untuk melengkapi profil Anda.

Selesai! Dengan demikian, Anda siap untuk langkah selanjutnya!

2. Pahami Cara Kerja TikTok

Walaupun 60% pengguna TikTok berasal dari gen Z, ada cukup banyak orang di luar demografi itu yang juga menggunakan aplikasi ini. Data terbaru menunjukkan bahwa di kuartal pertama pada 2021, 36% pengguna aplikasi ini berusia 35 hingga 54. Hal ini menunjukkan peningkatan pengguna di usia tersebut dari 2022 yang hanya sebesar 26%. Kondisi ini menunjukkan betapa besar dan beragamnya pengguna yang bisa Anda jangkau melalui aplikasi ini.

Sebelum mempersiapkan strategi untuk akun TikTok, biasakan diri Anda dengan aplikasi tersebut. Luangkan waktu bermain di kanal tersebut, melihat-lihat konten yang banyak disukai dan mengikuti pengguna dengan banyak pengikut. Lalu, coba membuat konten untuk mengetahui konten seperti apa yang sesuai dengan bisnis Anda yang juga disukai banyak orang.

a. Kuasai Algoritmanya

tiktok

Salah satu keunggulan TikTok yang tidak dimiliki kanal media sosial lainnya adalah For Your Page yang berisi streaming video tanpa henti yang dipilih oleh algoritma TikTok dan telah disesuaikan dengan minat setiap pengguna.

Mengingat For Your Page adalah halaman awal bawaan aplikasi dan tempat sebagian besar pengguna menghabiskan waktunya, membuat video viral menjadi lebih mudah. Mengingat algoritmanya tidak mempertimbangkan keberhasilan konten yang dibuat seseorang sebelumnya atau jumlah pengikut suatu akun, gunakan kesempatan ini untuk membuat konten yang sesuai dengan target audiensi Anda agar viral.

b. Cari Konten Trending di Niche Anda

Tren baru akan selalu muncul. Pelajari konten dan pengguna yang sesuai dengan demografi target pasar Anda. Misalnya, jika bisnis Anda menjual peralatan kantor yang imut, biasakan diri dengan konten yang memiliki estetika serupa.

Contohnya seperti kegiatan yang berhubungan dengan membuat jurnal dan menata meja. Dengan mengikuti, berkomentar, dan memberi “like”, Anda melatih algoritma untuk memberi Anda konten serupa dan membagikan konten Anda ke pengguna yang memiliki minat serupa.

Cara menemukan konten di niche Anda adalah dengan meong-klik halaman Discover. Anda dapat menggunakan kolom pencarian untuk mencari video tertentu, seperti video membuat jurnal atau hal-hal imut. TikTok akan menampilkan semua video viral yang sesuai dengan pencarian itu, ditambah pengguna, suara, dan tagar yang sesuai.

3. Cara Menggunakan TikTok Untuk Marketing

tiktok

Jika digunakan dengan tepat, TikTok memungkinkan Anda tidak hanya menjangkau dan terhubung dengan audiensi Anda, tetapi juga memperluaskan. Tidak seperti Instagram dan Youtube, di mana konten yang dikurasi dan menarik adalah yang utama, TikTok terkenal sebagai kanal yang lebih ringan dan kreatif.

Mari belajar 3 hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan TikTok untuk marketing bisnis.

a. Mempelajari Kompetitor

Cara termudah untuk mengetahui hal yang disukai banyak orang di niche Anda adalah mencarinya di TikTok. Temukan hal-hal apa saja yang menarik perhatian banyak orang dan temukan kekurangan yang bisa digunakan untuk membuat konten yang sesuai dengan audiensi Anda.

Jika menemukan konten menarik dari kompetitor Anda, pelajar! Gunakan konten itu sebagai kerangka untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Pikiran cara agar dapat menonjol di industri Anda sambil tetap menjaga keunikan identitas usaha Anda.

b. Mempersiapkan Tujuan yang Jelas

tiktok

 

Rumuskan tujuan marketing bisnis Anda dan cari tahu apa yang bisa TikTok lakukan untuk membantu Anda mewujudkannya. Setelah memilah-milah, rumuskan tujuan yang spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan, memiliki jangka waktu.

c. Mengatur Seberapa Sering Posting di Tiktok

Mem-posting konten secara teratur adalah kunci utamanya. Namun, mem-posting di waktu-waktu ketika engagement sedang tinggi adalah cara yang paling efektif. Ketahui kapan pengikut Anda sedang aktif di bagian pojok kanan atas untuk mengetahui analitik. Klik creator tools, lalu analytics.

4. Pikat Pengguna TikTok

tiktok

Konsisten dan selalu aktif di Tiktok sangat berdampak baik bagi bisnis Anda. Dengan banyaknya konten kreatif yang tersebar di aplikasi, ada banyak cara untuk meningkatkan interaksi dan visibilitas. Simak 3 cara terbaiknya.

a. Membuat Video di Balik Layar

Gen Z dikenal lebih suka dengan konten yang apa adanya. Mereka juga menguasai sebagian besar pengguna TikTok. Memanusiakan bisnis Anda memungkinkan terjalinnya hubungan yang lebih dalam dengan audiensi Anda dan cara yang paling tepat untuk melakukannya adalah membuat video di balik layar.

b. Membagikan Konten Buatan Pengikut

tiktok

Meskipun membuat video sangat penting dalam membangun kesadaran brand di TikTok, Anda juga perlu membagikan konten buatan pengikut. Konten ini meliputi segala konten terkait brand Anda yang dibuat oleh pelanggan atau pengikut.

c. Stitch dan Duet

Satu hal yang membuat TikTok lebih menarik dibandingkan kanal media sosial lainnya adalah kemampuannya menggabungkan konten pengguna lain ke dalam video TikTok Anda sendiri. Hal ini berguna ketika merombak ulang konten buatan pengikut dengan memberikan sentuhan berbeda. Untuk melakukannya, ada fitur Stitch dan Duet.

Stitch adalah fitur pengeditan yang memungkinkan Anda memotong dan menyatukan video TikTok menjadi video Anda sendiri. Fitur ini memungkinkan siapa pun untuk berekspresi dan membuat cerita versinya sendiri.

Mirip dengan fitur sebelumnya, bedanya, di fitur Duet Anda dapat menggabungkan dua video dengan format layar terpisah. Anda dapat menggunakan ini untuk membuat video sebelum dan sesudah dan video reaksi.

5. Buat Konten yang Menghasilkan

tiktok

Strategi untuk membuat konten yang menghasilkan antara lain:

  1. Membuat konten pendek dan mengena. Semakin pendek video, semakin lama waktu menonton.
  2. Promosi silang. Selain TikTok, biasanya beberapa pemilik bisnis juga menggunakan akun media sosial lainnya. Promosikan konten yang sama di beberapa kanal media sosial berbeda dengan terlebih dahulu menyesuaikan isinya untuk kanal yang dituju.
  3. Gunakan umpan yang tepat. Di TIkTok, pastikan konten Anda dapat menarik perhatian pengguna di 2 -4 detik pertama.

6. Beriklan di TikTok

TikTok juga menyediakan fitur iklan bagi para pengusaha yang ingin beriklan di kanal tersebut. Ada berbagai format iklan yang bisa disesuaikan untuk bisnis Anda, termasuk TopView Ads jika memiliki bujet lebih untuk iklan dan marketing. Dengan bujet lebih, tentunya penghasilan yang diperoleh juga lebih besar.

Selain menggunakan TikTok, Anda juga bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda di kanal media sosial lain, seperti Facebook. Dan dengan TokoPress.id, Anda bisa mengintegrasikan toko online dengan fitur Advanced Facebook Pixel Integration.

TokoPress.id menyediakan jasa pembuatan toko online yang dilengkapi berbagai fitur canggih, seperti advanced Facebook pixel integration. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur hingga 5 iklan Facebook langsung dari situs toko online Anda. Fitur ini juga memungkinkan Anda melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan jasa pembuatan toko online, langsung klik saja di sini.