Tiru Keberhasilan 3 Toko Online Ini!

Toko online terus mengalami perkembangan. Semakin banyak pula orang yang melirik untuk mencoba membuka toko online, apalagi setelah pandemi. Covid-19 telah memberikan imbas besar pada bisnis grosir. Banyak pelaku bisnis ini yang gulung tikar di beberapa tahun terakhir. Semakin lama, jumlah toko tutup semakin meningkat hingga menginjak angka 12.200 pada 2020.

Sementara sisanya bertahan menghadapi tantangan besar tersebut dengan membuka toko online. Dengan mengubah cara beroperasi, mereka dapat memperluas batas geografis bisnis dan mendapatkan pelanggan baru.

Mengubah operasi toko dari offline ke online memang bisa terasa menakutkan. Oleh karena itu, kami menyiapkan beberapa sumber untuk membantu Anda mengatasi berbagai masalah, seperti memahami strategi penjualan online.

Berikut kami sajikan 3 toko online yang berhasil mengubah haluan mereka dan sukses berbisnis di tengah pandemi.

1. Kintec Temukan Cara Terbaik Pasarkan Produk Online dan Offline

toko online

Berdiri pada 1991, Kintec adalah toko yang khusus menjual berbagai macam alas kaki dan ortotik yang sudah memiliki 12 toko di seluruh Kanada. Mereka juga sudah menikmati peningkatan penjualan online setelah mereka membuat situs e-commerce mereka sebagai bagian dari bisnis. Bahkan menurut laporan penjualan, penjualan kuartal pertama mereka pada 2021 lebih tinggi dari penjualan di sepanjang 2019.

Sebelum berhasil, Kintec menemukan kendala pada builder situs e-commerce-nya. Masalah itu terkait kecepatan dan keandalan situs. Menurut Manajer Pemasaran Kintec Tyler Ireland itu adalah masa-masa yang sulit. Ketika sedang bersiap-siap untuk acara Black Friday, situs mereka crash.

Kintec berfokus pada memastikan toko offline dan online mereka saling melengkapi sehingga pelanggan dapat terlalu merasakan perubahan yang besar pada peralihan mereka. Salah satu aspek yang lebih inovatif dari seluruh perubahan toko offline mereka adalah adanya 3D FitScan.

Dengan sistem itu, pelanggan hanya perlu menginjakkan kaki pada alat tersebut dan dalam 5 menit, alat itu mengeluarkan ratusan titik data yang membentuk model tiga dimensi dari kaki pelanggan. Setelah pemindaian selesai, Kintec mengolah data melalui basis data, didukung oleh AI, untuk menyesuaikannya ke bentuk sepatu untuk menentukan sepatu terbaik untuk pelanggan tersebut.

Tip-tip dari Kintec

  • Kecepatan toko online dapat menjadi pembeda yang cukup signifikan jika berbicara tentang kenyamanan pelanggan. Setelah pindah ke builder yang lebih cepat, mereka merasakan perubahan besar dan tidak lagi mengalami koneksi lemo. Selain itu, mereka juga mendapatkan peningkatan jumlah pengunjung sebesar 44%.
  • Minta bantuan ketika dibutuhkan. Kintec menyewa agen untuk membantu mereka membangun dan mengoptimasi situs mereka. Mereka juga dipandu dalam mempelajari langkah-langkah yang diperlukan untuk berhasil menjalankan toko online dan mengetahui aplikasi apa saja yang perlu diunduh agar dapat menjalankan strategi penjualan mereka dengan baik.
  • Menyediakan fitur umpan balik dan ulasan untuk pelanggan. Kintec menyediakan fitur agar pelanggan dapat memberikan komentar mereka pada suatu produk yang dibeli. Tyler menjelaskan bahwa ulasan positif pelanggan dapat meningkatkan pengalaman dari online ke offline. Meskipun pelanggan belum mencobanya, mereka bisa tahu bahwa sepatu terbaru masih sebagus sebelumnya.

2. Bead World Memberikan Banyak Pilihan dan Tutorial Interaktif

toko online

Bead World adalah toko manik-manik yang berpusat di Phoenix, Arizona pada 2004 dan melebarkan sayap ke lokasi kedua di Scottsdale. Selain menjadi tujuan untuk mencari manik-manik, toko ini juga dikenal akan batu pertamanya yang berkualitas tinggi.

Kiara Thompson bergabung dengan ibunya Karen Thompson sebagai rekan bisnis dan Direktur Penjualan Online pada 2019 untuk membuat cabang online untuk bisnis mereka. Ia awalnya menggunakan Shopify, tetapi beralih ke BigCommerce, salah satunya adalah karena platform tersebut mendukung katalog dalam jumlah besar, yang penting bagi bisnis mereka karena toko ini memilik unit penyimpanan lebih dari 10.000.

Situs Bead World meluncur pada Oktober 2019. Hanya dalam lima bulan setelahnya, dunia berubah, begitu pula dengan bisnis mereka. Akibat pandemi, toko offline mereka tutup sementara dan bisnis online mereka mendapatkan pemasukan yang deras. Tidak alam setelah pandemi dimulai, jumlah pesanan meningkat empat kali lipat dari satu bulan ke bulan berikutnya.

Pelayanan yang efisien sangat penting bagi kepuasan pelanggan di Industry mana pun, terutama bagi orang yang menekuni hobi dan suka membuat sesuatu. Mereka mendapatkan komentar positif di situs, terutang karena pengiriman mereka yang efisien.

Salah satu tantangan besar yang awalnya dihadapi oleh Bead World adalah memanfaatkan Pinterest untuk menyebarkan informasi dan blog untuk menarik para pencinta manik-manik. Dengan memublikasikan konten mendidik, seperti tutorial merangkai manik-manik secara berkali, mereka dapat menarik traffic yang cukup tinggi.

Tantangan lainnya yang dihadapi adalah mengajak masyarakat untuk membeli manik-manik secara online, mengingat masyarakat lebih suka melihat manik-manik secara langsung sebelum memutuskan untuk membeli. Mereka mengatakan bahwa, di bisnis mereka, sangat penting untuk mencantumkan foto produk yang sebenarnya sehingga pelanggan bisa menentukan manik-manik mana yang mereka cari.

Tip-tip dari Bead World:

  • Memberikan promosi dan diskon cara yang efektif tidak hanya untuk mendapatkan, tetapi juga mempertahankan pelanggan. Salah satu taktik Bead World yang berhasil adalah kupon 40% mingguan yang selalu bisa menarik pelanggan untuk memesan kembali sekaligus mendapatkan pesanan baru.
  • Konten adalah yang utama. Digabungkan dengan konten blog, membagikan tutorial manik-manik lalu menautkannya ke Pinterest dapat meningkatkan traffic secara signifikan.
  • Saran mereka bagi pelaku bisnis yang baru merambah ke bisnis online: “Jangan takut membuat banyak kesalahan di awal. Kesalahan yang dibuat ketika bisnis masih baru berjalan tidak akan berpengaruh besar dibandingkan melakukan kesalahan yang sama ketika bisnis sudah berkembang.”

3. Defcon Percaya Keahlian Berujung pada Kesuksesan

toko online

John Dilley menciptakan Defcon Hot Sauce setelah menjadi pencicip di restoran-restoran wing selama bertahun-tahun yang suatu hari memutuskan untuk menciptakan saus pedasnya sendiri untuk melebihi saus-saus yang telah ia coba. Mulai pada 2004, bisnis tersebut berkembang cepat dan stabil, sebagian besar melalui promosi mulut ke mulut dan menghadiri berbagai acara.

Saat ini, Defcon ada di 50 negara bagian dan 32 negara. Walaupun Defcon bukanlah salah satu cerita bisnis yang beralih dari offline ke online mengingat mereka tidak pernah memiliki toko offline, Defcon perlahan mengubah strategi mereka dari mengunjungi pertunjukan perdagangan dan pasar tradisional menjadi membiarkan toko online mereka bersinar sendiri. Meskipun begitu, mereka tetap menjual produk mereka melalui distributor dan marketplace.

Ketika pandemi Covid-19 muncul, banyak acara yang dihadiri oleh Defcon ditutup, tetapi situs e-commerce Defcon mengalami peningkatan penjualan. Masyarakat tetap tinggal di rumah dan lebih sering memasak dan sangat suka ketika mereka dapat mendapatkan bahan tambahan untuk memasak tanpa harus meninggalkan rumah. Penjualan online Defcon meningkat hingga 65% pada 2020.

Tip-tip dari Defcon:

  • Biarkan usaha dan produk Anda menjadi perhatian utama. Saat ini, Defcon tidak mengeluarkan terlalu banyak bujet untuk pemasaran karena mereka telah membangun usaha mereka dengan stabil sehingga dapat bergantung pada pelanggan tetap dan promosi mulut ke mulut. Untuk mencapai level itu, mereka ikut serta dalam berbagai acara, menjadi tuan rumah acara radio, membagikan resep, dan membuat konten kreatif.
  • John juga menekankan pentingnya kesederhanaan ketika memikirkan pengalaman pelanggan: “Buat sesederhana mungkin. Jika berpikir ingin menggunakan semua hal aneh di situs, Anda salah. Yang dibutuhkan masyarakat adalah memesan dengan cepat dan aman. Mereka tidak butuh banyak notifikasi untuk mengubah keputusan mereka.”

Sukses Berjualan Online Dengan TokoPress.id

toko online

Dari seluruh tantangan yang dihadapi dan tip yang dibagikan ketiga usaha di atas, Anda tidak perlu khawatir memulai bisnis toko online. Pasalnya, dengan TokoPress.id, semua masalah tersebut dapat teratasi.

TokoPress.id menyediakan jasa pembuatan toko online yang dilengkapi fitur-fitur untuk mengatasi masalah yang biasa dihadapi toko online, termasuk

  1. Loading yang cepat,
  2. IndoOngkir & IndoCheckout untuk memudahkan pengaturan pengiriman, dan
  3. Integrasi Facebook Pixel dan Google Ads.

Segera beralih ke toko online untuk menarik lebih banyak pelanggan dan jadikan TokoPress.id sebagai rekan terbaik Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur dan pemesanan, langsung klik di sini!