7 Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

Marketing merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan omzet penjualan toko online. Sebagaimana Anda ketahui, prioritas utama para pebisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya yang diperoleh dari penjualan produk.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, apa pun tujuan Anda, Anda dapat mencapainya dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena marketing sendiri sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan dapat ditemukan dalam berbagai aktivitas.

Mengapa Marketing Penting untuk Bisnis Anda?

Disadari atau tidak, kesuksesan sebuah bisnis tergantung pada marketing. Sebuah produk yang berkualitas tinggi bisa kalah populer dari produk yang biasa saja hanya karena strategi pemasaran.

Anda tentu pernah menyaksikan fenomena tersebut, bukan? Anda pun bertanya-tanya, apa penyebabnya? Jawabannya hanya satu, marketing. Tanpa pemasaran yang tepat, sebuah bisnis akan sulit meraih potensi maksimal.

Agar Anda lebih paham, simak sejumlah alasan pentingnya menerapkan marketing pada bisnis online.

Brand Awareness

Salah satu tujuan utama dari marketing adalah untuk menciptakan kesadaran produk atau brand awareness. Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat nama merek, logo, gambar, ataupun slogan produk yang Anda pasarkan.

Agar tujuan tersebut tercapai, umumnya marketer akan menerapkan konsep AIDA, yang artinya:

  • Attention – menarik perhatian calon konsumen.
  • Interst – membangkitkan minat calon konsumen.
  • Desire – membangkitkan rasa ingin mencoba.
  • Action – menggiring konsumen membeli produk Anda.

Dengan konsep tersebut, produk Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Potensi penjualan pun meningkat pesat.

Meningkatkan Peluang Kesuksesan

Ketika Anda berhasil membangun kesadaran konsumen mengenai produk Anda, maka cakupan bisnis Anda pun semakin luas. Jika sebelumnya produk Anda hanya dikenal di wilayah A, kini produk Anda pun dikenal hingga wilayah B, C, D, dan E.

Semakin luas cakupan wilayah bisnis Anda, semakin besar peluang kesuksesan yang dapat Anda raih. Omzet puluhan juta rupiah setiap bulan pun bukan mustahil untuk Anda peroleh.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Disadari atau tidak, seiring dengan meningkatnya angka penjualan produk, semakin tinggi pula reputasi situs belanja online yang Anda miliki. Dengan reputasi yang baik, tingkat kepercayaan konsumen pada produk Anda pun mengalami peningkatan signifikan.

Dampaknya, Anda akan lebih mudah memaksimalkan peluang yang ada. Peluang kerja sama dengan berbagai pihak, seperti distributor dan supplier pun semakin terbuka lebar.

Strategi Jitu untuk Tingkatkan Penjualan Toko Online

Mengingat tingginya tingkat persaingan online shop Indonesia, tak mudah untuk mencapai omzet yang diharapkan. Bahkan, tidak sedikit pebisnis yang gulung tikar karena tak sanggup menghadapi persaingan.

Anda dituntut untuk menciptakan terobosan baru dan melakukan pendekatan terhadap calon konsumen demi meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus memberikan pengalaman belanja terbaik.

Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Anda dapat mengadopsi trik pemasaran yang kerap digunakan oleh pemilik toko online kelas dunia. Adapun sejumlah strategi marketing tersebut, di antaranya sebagai berikut.

1. Program Reseller atau Dropship

Langkah termudah untuk mempromosikan online shop Anda adalah dengan menawarkan program reseller atau dropship. Sebagian besar orang tertarik untuk menambah penghasilan, tetapi tidak memiliki modal untuk memulai usaha.

Manfaatkan kesempatan tersebut untuk memperluas jangkauan bisnis. Semakin banyak reseller atau dropshipper yang bergabung, semakin besar pula peluang Anda untuk mencapai target.

2. Bundling Produk

Program bundling produk sangat menguntungkan bagi Anda dan calon konsumen. Anda dapat menjual sejumlah barang dalam satu waktu, sedangkan konsumen mendapatkan harga yang lebih murah daripada pembelian terpisah.

3. Kupon Promo

Strategi kupon promo terbukti efektif meningkatkan angka penjualan produk. Maklum saja, sebagian besar orang menyukai segala sesuatu yang berbau diskon. Namun, Anda tidak boleh memberikan diskon tanpa memperhitungkan risiko kerugian.

Agar sama-sama menguntungkan, Anda bisa memberi diskon dengan syarat tertentu. Misalnya, cashback 5 persen untuk pembelian khusus hari Rabu, potongan sebesar Rp20.000,00 setiap transaksi Rp150.000,00, atau diskon ongkos kirim senilai Rp15.000,00.

4. Loyalty Program

Jika Anda ingin mempertahankan kesetiaan pelanggan lama, cobalah untuk menerapkan loyalty program. Setiap pelanggan yang mendaftar program ini akan mendapatkan berbagai keuntungan. Misalnya, diskon 5 persen setiap pembelanjaan Rp250.000,00.

Bisa juga dengan menggunakan sistem poin. Setiap kelipatan Rp50.000,00, pelanggan akan mendapatkan 1 poin yang dapat ditukar dengan hadiah menarik.

5. Gratis Ongkos Kirim

Bisa dibilang, strategi ini yang paling banyak diterapkan oleh pemilik online shop. Selain meningkatkan angka penjualan, strategi ini ampuh menarik pelanggan baru. Untuk menerapkan metode ini, Anda hanya perlu menaikkan sedikit harga barang.

Jika cara tersebut dirasa membebani calon pembeli, Anda bisa menambahkan syarat. Misalnya, gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian 3 item atau senilai Rp150.000,00.

6. Garansi

Tak sedikit calon pembeli yang mengurungkan niat berbelanja karena tidak adanya garansi pengembalian produk. Jika barang yang diterima tidak sesuai deksripsi atau terdapat cacat pabrik, konsumen akan merasa dirugikan. Hal ini pun berdampak pada reputasi Anda.

Alangkah baiknya, jika Anda memberikan garansi berupa pengembalian barang. Misalnya 14 hari atau 30 hari pengembalian dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan cara ini, kepercayaan konsumen terhadap Anda pun meningkat.

7. Testimoni Pelanggan

Tampilkan testimoni pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis Anda. Meskipun tampak sepele, cara ini terbilang ampuh untuk menarik calon pembeli potensial.

Itulah sejumlah strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan omzet penjualan toko online. Dijamin, Anda akan kebanjiran pesanan. Selamat mencoba!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *