Menulis Deskripsi Produk yang Bikin Cuan

Seberapa pun besarnya ukuran toko online Anda, deskripsi produk tetaplah menjadi hal utama untuk setiap bisnis e-commerce. Deskripsi produk yang tepat dapat menarik perhatian konsumen potensial. Deskripsi produk yang baik dapat memengaruhi seseorang untuk membeli barang hingga meningkatkan tingkat penjualan, serta meningkatkan visibilitas dan SEO di kanal berbayar.

Hal-hal teknis, termasuk penggunaan kata-kata yang efektif dan A/B test, dapat menjadi pembeda antara pembeli potensial di situs e-commerce Anda dan pelanggan lain yang berbelanja produk serupa di toko kompetitor.

Semua pelaku usaha toko online hingga copywriter tahu bahwa menulis deskripsi produk itu penting. Namun, bagaimana caranya agar deskripsi produk itu dapat menjangkau target pasar Anda?

Apa Itu Deskripsi Produk?

Deskripsi Produk

Deskripsi produk adalah bentuk bahan pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan manfaat produk Anda. Dengan kata lain, deskripsi produk menjabarkan seluruh informasi dan rincian produk di situs e-commerce Anda.

Rincian produk dapat berupa satu kalimat, paragraf singkat, atau berbutir. Gaya bahasanya bisa dibuat serius atau lucu. Tulisan ini bisa ditaruh di samping atau di bawah nama dan gambar produk.

6 Cara Membuat Deskripsi Produk Biar Cuan

Tidak dapat dimungkiri jika deskripsi produk dapat membantu menaikkan level toko online Anda. Namun, kira-kira apa yang harus dituliskan di sana? Seberapa panjang kata-katanya? Format apa yang paling pas? Bagaimana caranya agar dapat mendongkrak Search Engine Optimization (SEO)?

1. Identifikasi ADIKSIMBA Sebelum Mulai Menulis

Deskripsi Produk

ADIKSIMBA adalah rumus umum dalam menuliskan cerita di dunia jurnalistik. Ini juga dapat membantu Anda menemukan tujuan penulisan deskripsi.

  • Apa saja rincian produk yang dijual? Ini meliputi ukuran, bahan, kelebihan produk, dan fungsi.
  • Di mana pembeli harus menggunakannya? Ini berhubungan dengan penggunaan di dalam atau luar ruangan, untuk mobil atau rumah, dan sebagainya.
  • Kapan produk bisa digunakan? Apakah produk hanya dapat digunakan di waktu-waktu atau musim tertentu? Atau apakah produk ini dapat digunakan setiap hari?
  • Untuk siapa produk tersebut? Pilih target pasar Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, atau gaya hidup.
  • Menapa harus memilih produk Anda? Berikan alasan mengapa produk Anda lebih baik dibandingkan produk serupa dari merek kompetitor. Alasan itu bisa berupa kualitas hingga manfaatnya.
  • Bagaimana cara kerja produknya? Ini tidak harus ada di setiap produk, tetapi penting jika Anda menjual barang elektronik.

2. Masukkan Informasi Produk Dengan Lengkap

Setelah mengidentifikasi ADIKSIMBA di atas, saatnya untuk menuliskan seluruh informasi produk tanpa ada yang terlewat. Anda perlu memasukkan informasi, seperti:

  • Spesifikasi/Fitur

Spesifikasi meliputi ukuran dan berat. Hal ini berhubungan dengan biaya pengiriman. Semakin berat dan semakin besar suatu barang, biaya pengiriman yang dikenakan akan bertambah. Hal ini juga bisa membuat konsumen membeli beberapa produk sekaligus agar tidak rugi dengan ongkos kirim yang dihitung tiap satu kilogram barang.

  • Kelengkapan

Jika barang Anda dilengkapi dengan item tambahan, seperti lap pembersih kaca untuk produk kacamata, cantumkan. Hal itu dapat meningkatkan kemungkinan pembeli untuk membeli produk tersebut.

  • Pilihan Warna yang Tersedia

Pembeli suka dengan produk yang memiliki banyak varian warna. Hal ini berhubungan dengan bervariasinya warna favorit setiap orang. Gunakan alat bantu pantone untuk menunjukkan warna yang mendekati aslinya.

  • Keunggulan produk

Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk melakukan pitching pada calon pembeli. Cantumkan setiap keunggulan, termasuk citra brand Anda, tanpa ada yang terlewat. Jika produk Anda menggunakan sistem pre-order, cantumkan estimasi waktu kapan barang bisa selesai dan siap kirim ke calon pembeli. Ada baiknya jika estimasi waktu itu sedikit diperpanjang dari waktu biasanya untuk mencegah risiko keterlambatan. Lagipula, pelanggan lebih suka barang tiba lebih cepat daripada yang diharapkan.

3. Buat FAQ

deskripsi produk

Pembeli memiliki segudang pertanyaan untuk setiap barang yang dijual oleh toko online. Hal ini lumrah mengingat mereka tidak bisa melihat langsung barang yang diinginkan. Untuk bisa menuliskan jawaban, Anda perlu memosisikan diri sebagai pembeli. Cari berbagai pertanyaan yang kira-kira belum terjawab oleh deskripsi produk Anda. Hal ini mencakup cara tukar produk dan tanggal kedaluwarsa.

Jika produk yang Anda jual sudah cukup lama dipasarkan, biasanya banyak pertanyaan yang muncul. Kumpulkan dan pilah kira-kira pertanyaan mana yang sering muncul dan cantumkan dalam FAQ (Frequently Asked Questions) beserta jawabannya. Selain memudahkan pelanggan, hal ini membantu admin menyelesaikan pekerjaan lain selain menjawab pertanyaan yang sama dari konsumen.

4. Tentukan Goal Untuk Mengukur Efektivitasnya

Walaupun menentukan tujuan untuk mengukur efektivitas formula deskripsi produk Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan format dan cara bagaimana agar deskripsi produk lebih efektif.

Selain itu, jika berhasil merumuskan deskripsi produk yang tepat, keuntungannya juga tidak tanggung-tanggung.

  • Meningkatkan penjualan
  • Mengurangi kejadian “tidak jadi beli”
  • Menurunkan angka pengembalian
  • Komplen dari pelanggan lebih rendah
  • Meningkatkan peringkat pencarian organik

Anda juga bisa meniru cara penulisan deskripsi produk dari situs e-commerce yang sudah ada. Kemudian, sesuaikan dengan produk dan tujuan Anda.

5. Gunakan Gambar dan Video

deskripsi produk

Tulisan bukanlah satu-satunya format yang bisa dipakai untuk mendeskripsikan produk. Jika keterangan Anda terlalu panjang, gunakan gambar. Gambar yang sesuai bisa menjelaskan banyak hal dan lebih mudah diingat oleh konsumen. Jika perlu, pakai gambar produk Anda yang menjelaskan cara penggunaan atau fungsi produk itu.

Selain menggunakan gambar, video juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan cara menggunakan produk atau kenapa produk tersebut lebih baik dibandingkan lainnya. Banyak brand yang menggunakan video, gambar, dan tulisan untuk menjelaskan poin-poin penting yang ingin mereka tunjukkan.

6. Berani Beda Lebih Baik

Deskripsi produk bisa ditulis dalam berbagai format. Tidak ada format tunggal yang terbaik walaupun penulisan singkat bisa digunakan untuk banyak keperluan. Namun, yang terpenting adalah mengetahui karakter dan kebutuhan konsumen. Jika sebagian besar konsumen Anda tidak suka membaca, membuat tulisan panjang hanya membuang-buang waktu.

Wujudkan Deskripsi Produk Impian Anda Dengan TokoPress.id!

deskripsi produk

Sekarang, mungkinkah Anda dapat menuliskan produk sedetail itu dan cuan? Jawabannya, mungkin!

TokoPress.id menyediakan jasa pembuatan situs web toko online dengan berbagai fitur unggulan. Salah satunya adalah adanya kolom deskripsi produk yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Ada dua tempat untuk menuliskan deskripsi produk, yaitu di samping dan di bawah produk. Kolom deskripsi di samping produk lebih difokuskan untuk teks ringkas yang menyorot gambaran umum serta fungsi produk. Sementara kolom deskripsi di bawah ditujukan untuk menuliskan deskripsi produk secara lebih terperinci. Di sana, Anda dapat membuat berbagai format deskripsi mulai dari berbentuk paragraf hingga teks berbutir, seperti spesifikasi.

Tunggu apa lagi? Pesan sekarang juga di sini!