Masih Belum Buka Toko Online? Simak Manfaatnya!

Industri e-commerce berkembang dengan sangat pesat. Saat ini, masyarakat sudah terbiasa dengan kenyamanan berbelanja online. Mereka tidak perlu datang ke toko dan memilah barang yang ingin dibeli dari puluhan pilihan yang ada di tempat yang susah dicari.

Hanya dengan bermodalkan ponsel pintar, mereka dapat mendapatkan barang yang diinginkan hanya dengan mengetikkan nama barang tersebut. Mereka dapat memilih barang yang sesuai tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. Setelah melakukan transfer, barang akan langsung datang ke rumah.

Jika Anda memiliki toko offline, ini adalah saat yang tepat untuk membuka toko online sekaligus. Mengapa? Berikut ulasannya.

4 Manfaat Membuka Toko Online

toko online

Membuka toko online memang semudah kedengarannya. Anda hanya membutuhkan ponsel pintar dan sejumlah uang untuk membuat situs toko online. Setelah itu, Anda hanya membutuhkan gambar-gambar produk yang akan diunggah ke situs tersebut dan mencatat ketersediaan setiap barang di toko fisik Anda.

Meskipun mendaftarkan toko online di beberapa platform e-commerce bisa dilakukan secara gratis, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki toko online sendiri. Apa saja?

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Ketika konsumen melihat produk Anda di platform marketplace dan pergi tanpa membeli apa pun, Anda tidak mendapatkan apa pun dari sana. Namun, jika konsumen mengunjungi toko online Anda, Anda dapat meminta alamat surel mereka. Alamat itu dapat digunakan untuk mengumpulkan daftar surel yang bisa dimanfaatkan untuk e-mail marketing.

Ketika calon pembeli mengunjungi toko online Anda, Anda juga berkesempatan untuk menjangkaunya lagi melalui platform media sosial dan Google dengan metode pemasaran yang disebut retargeting. Metode ini akan membuat iklan yang dikhususkan untuk orang yang mengunjungi toko online Anda. Orang yang ditargetkan memiliki kemungkinan besar untuk membeli barang yang mereka cari melalui iklan itu.

2. Membangun Brand

toko online

Marketplace menyediakan tempat untuk mengunggah produk dan langsung menjualnya. Walaupun hal ini tampak mudah dan murah, itu akan menyebabkan masalah besar.

Dengan kemudahan mendaftarkan toko online di platform tersebut, mereka biasanya memiliki banyak penjual dan sebagian besar dari mereka adalah kompetitor Anda. Mengingat tampilan luar dan antamuka yang ditampilkan mirip antara satu penjual dengan penjual lainnya, tidak ada alasan bagi pembeli untuk membeli dari Anda dan bukan dari para kompetitor itu.

Membuat toko online sendiri membedakan Anda dari yang lainnya. Hal ini memberi Anda kontrol lebih tentang mengatur tampilan toko dan mengatur kenyamanan pembeli saat bertransaksi. Desain sangat berpengaruh pada keberhasilan toko online. Cara Anda menampilkan produk membangun kepercayaan konsumen. Semakin konsumen memercayai Anda, semakin tinggi kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia.

3. Menghindari Perang Harga

Mengingat marketplace penuh dengan penjual yang mempromosikan barang mereka, konsumen selalu didahulukan. Satu-satunya cara agar penjual dapat memenangkan kompetisi adalah dengan memberikan diskon. Tidak cukup dengan banyaknya kompetitor, Anda dipaksa untuk menjual di margin terendah.

Membuat toko online sendiri akan menghindarkan Anda dari perang harga. Dengan menjadi berbeda, Anda sudah menempatkan diri Anda lebih baik daripada para kompetitor. Jika pelanggan sudah sangat memercayai Anda, Anda bahkan tidak perlu memikirkan harga yang perlu Anda patok.

4. Memastikan Pelanggan Membeli Lagi

toko online

Sekitar 80% pelanggan berkontribusi pada 20% pemasukan Anda. Selebihnya (pelanggan setia) berkontribusi pada pemasukan terbesar Anda (80%). Kebutuhan memiliki pelanggan setia sangat besar. Agar memiliki pelanggan setia, Anda perlu basis data klien yang hanya bisa Anda dapatkan dengan memiliki toko online sendiri. Di sinilah Anda dapat memanfaatkan e-mail marketing dari alamat surel yang telah Anda kumpulkan.

Tip Agar Berhasil Mengelola Toko Online

Setelah merasa siap membuka toko Online dan sudah memiliki gambaran tentang barang yang ingin dijual, saatnya Anda membuka toko online. Agar usaha toko online Anda berhasil, ikuti tip berikut.

1. Menyusun Strategi Bisnis

toko online

Setiap keberhasilan dimulai dengan perencanaan. Menyiapkan strategi akan membantu Anda mengetahui tujuan dan memastikan Anda tetap fokus.

Hal pertama yang perlu ditentukan dalam menyusun strategi bisnis adalah memilih model bisnis yang dilakukan. Apakah Anda akan:

  • melakukan model dropship di mana Anda tidak perlu menyiapkan gudang atau ruang fisik tambahan untuk menyimpan produk dan membiarkan orang lain melakukan pengiriman atas nama Anda,
  • menjual dengan cara grosir,
  • menjual produk lain dengan label Anda,
  • melakukan bisnis berlangganan, atau
  • membuka bisnis print on demand di mana Anda hanya memproduksi barang kustomisasi jika ada permintaan.

Setelah itu, tentukan nama menarik untuk bisnis Anda. Meskipun aturannya adalah mendapatkan nama menarik, bukan berarti Anda harus membuat nama yang sulit dilafalkan dan ditulis. Setelah itu, urus izin dan segala hal yang dibutuhkan untuk melegalkan bisnis Anda.

Ketiga, ketahui target pemasaran Anda dan bangun persona. Keempat, proyeksikan pendapatan yang mungkin diterima serta biaya-biaya yang mungkin perlu dikeluarkan. Terakhir, periksa bagaimana para kompetitor Anda bekerja.

2. Memilih Toko Online

Untuk memilih jasa pembuat toko online, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal seperti fitur penting, termasuk pengelolaan inventaris yang mudah, fitur yang dapat membantu memberi insentif bagi pelanggan setia, dan blog.

3. Buat Toko Online Anda

toko online

Untuk membuat toko online yang sesuai, pilih templat yang sesuai dengan bisnis dan pelanggan Anda, tentukan cara pembayaran yang diinginkan, ubah pengaturan pengiriman Anda, tambahkan konten dan produk ke toko online Anda, dan siapkan kebijakan pengembalian dan refund yang jelas.

4. Mengatur Otomasi E-Mail Marketing

E-mail marketing adalah metode terbaik untuk merawat pelanggan setia. Anda harus menyiapkan beberapa jenis e-mail untuk berbagai kepentingan, seperti surel untuk prabeli, surel pengingat keranjang yang belum checkout, dan surel berisi informasi atau ucapan terima kasih setelah melakukan pembelian.

5. Mempromosikan Brand dan Situs Web

toko online

Strategi promosi tidak boleh dilupakan. Sebelum mempromosikannya di berbagai kanal media sosial dan internet, pastikan semua tombol, formulir, dan tautan berfungsi. Pastikan Anda mengecek bahwa proses pembelian hingga pembayaran berjalan mulus. Setelah itu jalankan iklan di Facebook dan promosikan produk di Instagram.

6. Mengelola Toko Online

Setelah semua dipersiapkan dan berjalan dengan baik, jangan lupa mengelola toko online Anda. Pastikan memperbarui situs web dengan informasi dan konten terbaru. Lalu, lakukan backup secara berkala untuk mencegah kemungkinan terburuk. Selain itu, periksa setiap tautan yang mungkin sudah usang.

Buat Toko Online Anda Sendiri Dengan TokoPress.id

Anda dapat membangun brand dan merebut kepercayaan pelanggan dengan menggunakan jasa TokoPress.id. TokoPress.id menyediakan jasa pembuatan toko online dengan berbagai fitur yang meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan Anda. Beberapa fitur tersebut antara lain:

  1. Berbagai template sesuai dengan niche toko Anda.
  2. Loading cepat sehingga mengurangi waktu tunggu dan kasus tidak jadi beli.
  3. Responsif sehingga tampilan bisa disesuaikan untuk berbagai perangkat seluler.
  4. Semua elemen dapat diatur dengan mudah sesuai keinginan Anda.
  5. Terdapat WhatsApp for untuk semua produk.
  6. Memungkinkan aplikasi sistem keanggotaan.

Untuk informasi lebih lengkap seputar fitur-fitur di atas, kunjungi situsnya di sini.