5 Cara Meningkatkan Omzet Toko Online secara Bertahap

5 Cara Meningkatkan Omzet Toko Online secara Bertahap

 

Persaingan bisnis toko online dalam beberapa tahun terakhir semakin ketat dan menarik. Buah dari persaingan ini adalah pesatnya pertumbuhan angka konsumen e-commerce di tanah air yang diyakini telah naik lebih dari 500 persen dalam 5 tahun terakhir.

Persaingan ini secara tidak langsung menuntut para pelakunya untuk selalu sigap beradaptasi dan memahami kondisi market. Dengan demikian, mereka dapat mengeruk keuntungan dari besarnya angka konsumen di Indonesia.  

Jika Anda adalah pelaku bisnis online yang ingin tetap eksis di tengah ketatnya persaingan, ada 5 cara jitu untuk meningkatkan omzet Anda secara bertahap, yaitu:

1. Buat Jaringan Dropshipper dan Reseller yang Reliabel pada Bisnis Online Anda

Sistem dropship dan resell merupakan dua senjata yang sangat ampuh untuk menaikkan omzet secara bertahap, terutama apabila Anda merupakan produsen atau tangan pertama yang memproduksi produk siap pakai.

Buatlah jaringan dropshipper dan reseller di kota-kota besar di Indonesia dengan sistem yang profesional dan reliabel. Anda bisa mengadopsi sistem yang telah digunakan oleh e-commerce besar untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Akan tetapi, pastikan untuk selalu mengutamakan kualitas daripada kuantitas. 10 dropshipper atau reseller yang reliable dan mampu memenuhi target penjualan jauh lebih baik daripada 20 partner serupa yang bekerja secara asal-asalan.

2. Terapkan Strategi Upselling pada Produk yang Kurang Populer

Produk yang kurang populer acap kali sulit terjual sehingga menumpuk di gudang. Pada akhirnya, Anda pun terpaksa menjual produk tersebut dengan harga sangat rendah. Hal ini jelas sangat merugikan karena dapat mengurangi keuntungan yang Anda dapatkan dari hasil penjualan. Upselling adalah strategi penjualan produk dalam satu “paket hemat” untuk memancing minat konsumen. Untuk mengakali masalah tersebut, Anda bisa menerapkan strategi upselling. Strategi ini sangat umum digunakan pada bisnis makanan seperti rantai restoran cepat saji, namun Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menjual berbagai jenis produk lain seperti kosmetik, alat elektronik, atau pakaian.

Dengan memberikan berbagai pilihan paket menarik dengan harga yang terlihat sedikit “lebih murah” pada produk yang Anda jual, peluang Anda untuk membuat konsumen membeli produk yang kurang laris tersebut akan semakin besar sehingga omzet Anda dapat terus meningkat.

3. Berbisnis Online dengan Berorientasi pada Kepuasan Pelanggan

Di tengah persaingan antar toko online yang semakin menggila, konsumen kini semakin lihai dan cerdik dalam memilih tempat berbelanja. Selain mempertimbangkan soal harga, keramahtamahan serta profesionalitas penjual juga merupakan dua hal yang paling dicari oleh pembeli.

Karena itu, pastikan untuk selalu ramah dan cepat dalam menanggapi saran atau kritik dari konsumen Anda. Profesionalitas seperti ini nyatanya dapat menjadi nilai plus yang sangat besar bagi usaha online yang Anda miliki.

Sebagai saran, berikanlah jaminan uang kembali apabila konsumen tidak puas dengan produk yang didapatkan. Anda juga bisa memberi bantuan pascajual bagi konsumen yang membeli peralatan elektronik dengan garansi terbatas.

4. Memaksimalkan Tampilan Situs Toko Online

Penting untuk dicatat bahwa peribahasa “Jangan lihat buku dari sampulnya” tidak berlaku di dalam bisnis toko online. Untuk dapat sukses memancing pengunjung dan meningkatkan omzet, Anda perlu melakukan usaha ekstra untuk tampilan toko Anda di dunia maya.

Semua elemen yang ada pada toko Anda mulai dari tampilan muka, deskripsi produk, gambar barang, hingga cara Anda memasang banner promosi dapat memengaruhi minat konsumen untuk berbelanja di sana. Karena itu buatlah tampilan toko yang sesuai dengan profil usaha yang Anda geluti.

Ingat, selalu dahulukan kecepatan dan kemudahan antarmuka yang digunakan daripada hal-hal lainnya. Jangan sampai situs yang sudah “dihias” sebagus mungkin malah sulit untuk diakses sehingga konsumen malas untuk berkunjung.

Selain soal tampilan, jangan lupa pula untuk meningkatkan keamanan transaksi, memperbanyak pilihan metode pembayaran, serta menambah opsi jasa pengiriman. Dengan demikian pelanggan akan semakin senang berbelanja di tempat Anda meskipun ada banyak kompetitor lain yang menjual produk serupa.

5. Menyebar Produk dari Toko Online Anda di Semua Platform

Saat ini ada banyak sekali platform bisnis online yang bisa Anda manfaatkan sebagai media penjualan atau promosi produk. Dengan menyebarkan produk Anda ke semua platform, Anda akan memperluas pasar konsumen sekaligus menaikkan reputasi sebagai penjual tepercaya.

Salah satu platform yang harus Anda manfaatkan adalah media sosial. Riset membuktikan bahwa penjualan produk melalui media sosial sangat memengaruhi tingkat kepercayaan pasar terhadap usaha yang Anda jalani. Jika ada banyak pelanggan yang melakukan transaksi melalui platfrom media sosial ke toko Anda, itu berarti Anda telah mendapatkan reputasi yang baik serta kepercayaan yang besar dari pembeli.

Platform lainnya yang tidak boleh terlewat adalah marketplace. Melalui marketplace, Anda dapat memperluas jaringan konsumen hingga ke pelosok-pelosok daerah. Hal ini disebabkan karena konsumen yang ada di luar area perkotaan biasanya lebih memercayai marketplace besar ketimbang toko online.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara-cara yang ampuh untuk meningkatkan omzet secara bertahap. Apabila konsisten dalam menerapkan kelima cara yang telah disebutkan di atas, Anda dijamin akan mendapatkan peningkatan keuntungan secara bertahap dalam jangka panjang.

Selain kelima cara tersebut, sebenarnya masih ada banyak strategi bisnis online lainnya yang bisa Anda coba. Oleh sebab itu teruslah belajar dan bereksperimen untuk menemukan metode yang paling cocok dipraktikkan untuk meningkatkan omzet usaha Anda.