Strategi Menghadapi Persaingan di Dunia Toko Online

Bisnis toko online adalah bisnis yang sangat kompetitif. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, ada ribuan perusahaan baru yang bermunculan dengan target pasar yang sama dengan Anda. Agar bisa tetap memenangkan persaingan, Anda membutuhkan sejumlah strategi yang tepat sasaran.

Apa saja tantangan yang dihadapi oleh para pemilik toko online? Langkah-langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk bisa unggul dalam persaingan? Kita akan membahasnya secara lengkap dalam artikel ini!

Pengertian dan Tantangan dalam Dunia Toko Online

strategi toko online

Pada dasarnya, semua jenis bisnis memiliki tantangan masing-masing. Tidak hanya pelaku bisnis offline, dunia toko online pun mengalami sejumlah tantangan yang harus dihadapi dengan cermat. Tantangan sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah.

Dalam dunia bisnis, tantangan adalah situasi yang mengancam untuk menghambat atau menggagalkan rencana bisnis yang sudah dibuat. Ini berlaku dalam bisnis offline maupun online. Lantas, apa saja tantangan pasar online yang perlu diketahui oleh semua pelaku bisnis online?

  • Memenuhi ekspektasi konsumen. Tantangan pertama dalam pasar online berhubungan dengan ekspektasi konsumen. Sejak pertama kali konsumen berkunjung ke situs Anda, mereka memiliki ekspektasi mulai dari proses pembayaran, pengiriman hingga barang tiba di tangan mereka. Jika ada salah satu aspek tidak memuaskan pelanggan, maka mereka akan mencari apa yang mereka butuhkan di tempat lain
  • Sebagai pelaku bisnis yang bergerak dinamis seperti bisnis online, penting untuk Anda mempertahankan daya saing. Jika Anda tidak ingin pelanggan Anda beralih ke tempat lain, pastikan Anda memberikan layanan pelanggan yang baik, menyediakan berbagai saluran komunikasi, menyediakan berbagai pilihan pembayaran, memberikan diskon, menyelenggarakan loyalty program dan lain sebagainya
  • Mengembangkan berbagai saluran komunikasi. Konsumen harus bisa berkomunikasi dengan bisnis Anda semudah mungkin. Ini berlaku untuk bisnis online maupun offline. Namun, komunikasi adalah hal yang sangat krusial bagi toko online karena pelanggan tidak bisa bertatap muka dengan Anda. Sediakan berbagai saluran komunikasi mulai dari media sosial, pesan lewat aplikasi messenger, panggilan telepon, email atau chat langsung di situs. Semakin banyak saluran komunikasi yang Anda sediakan, semakin mudah konsumen menghubungi Anda
  • Menjaga loyalitas konsumen. Dengan begitu banyak opsi yang tersedia, konsumen akan sangat mudah berpaling dari brand Anda jika mereka merasa menemukan toko lain yang lebih baik, harga yang lebih murah atau pengiriman yang lebih cepat. Karena itu, pastikan Anda mengelola hubungan baik dengan konsumen. Ciptakan komunikasi yang personal, buat program loyalitas dan tawarkan hadiah ulang tahun
  • Aturan retur yang jelas. Karena konsumen tidak bisa mencoba langsung produk yang mereka beli, ketidakpuasan saat berbelanja online memang sangat rentan terjadi. Kesalahan nomor saat membeli sepatu, salah warna saat memesan baju dan lain sebagainya. Sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk menetapkan aturan retur yang mudah dengan aturan yang jelas sejak awal pembelian
  • Konsumen masih mengharapkan pengalaman belanja offline (meskipun mereka membeli secara online). Belanja online memang memudahkan konsumen untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa harus meninggalkan rumah. Tapi, bukan berarti konsumen tidak menginginkan pengalaman belanja seperti saat mereka berkunjung ke toko fisik. Untuk Anda yang hanya menjalankan bisnis secara online, penting untuk memastikan semua konsumen Anda mendapatkan pengalaman seperti layaknya saat mereka berbelanja offline.

Memahami Persaingan yang Dihadapi oleh Para Pemilik Toko Online

Ketika membuat strategi bisnis online, penting untuk dipahami dengan baik bahwa persaingan adalah sebuah hal mutlak yang harus dihadapi. Anda harus memahami dengan baik pasar Anda, target audiens dan apa yang dilakukan oleh para pesaing Anda. Dengan begitu, Anda bisa unggul dan memenangkan persaingan.

Memenangkan persaingan bisnis adalah hal yang sangat kompleks. Terutama dalam bisnis online. Tapi secara umum, ada beberapa hal yang perlu lakukan:

  • Menangkan hati pelanggan. Memenangkan hati pelanggan tidak hanya dilakukan dengan menciptakan produk atau layanan yang baik saja, tapi juga lewat hubungan baik dengan konsumen Anda
  • Tonjolkan sesuatu. Bersaing di pasar yang besar akan sangat sulit. Temukan pasar yang kecil atau ciptakan pasar Anda sendiri dan sajikan produk yang berbeda serta terspesialisasi
  • Pasang harga yang kompetitif. Salah satu cara termudah untuk menang dalam persaingan adalah dengan membuat formula harga yang kompetitif
  • Selalu beradaptasi dengan perubahan. Dunia bisnis terutama bisnis online berubah sangat cepat. Teknologi yang digunakan, selera pasar dan pesaing Anda akan terus berinovasi. Pastikan Anda selalu update dan mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada
  • Berikan layanan pelanggan yang optimal, mulai saat pertama kali konsumen datang ke toko online Anda hingga proses pembayaran dan layanan purnajual harus diberikan secara optimal.

Analisis Pasar dan Penargetan untuk Keunggulan Bersaing

Analisis pasar merupakan penilaian menyeluruh terhadap pasar dalam sebuah industri. Lewat analisis pasar, Anda akan mempelajari dinamika pasar seperti segmen pasar/segmen pelanggan potensial), volume dan nilai, persaingan, pola pembelian, dan berbagai faktor penting lainnya.

Analisis pasar yang baik dan menyeluruh harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

  • Siapa konsumen potensial Anda?
  • Bagaimana kebiasaan konsumen Anda?
  • Seberapa besar target pasar Anda?
  • Berapa harga yang bersedia dibayar oleh konsumen Anda untuk produk yang Anda tawarkan?
  • Siapa pesaing Anda?
  • Apa kekuatan dan kelemahan pesaing Anda?

Lantas, bagaimana analisis pasar dan penargetan bisa mendukung Anda agar memenangkan persaingan? Simak penjelasannya dalam poin-poin berikut ini!

Mengidentifikasi dan Memahami Target Pasar

Tidak semua orang yang ada di kota –atau Indonesia akan menjadi konsumen Anda. Mencoba membuat semua orang merasa tertarik pada produk Anda adalah sesuatu yang sia-sia. Ibarat melemparkan anak panah, menargetkan sembarang orang (atau semua orang) justru bisa berakhir percuma: tidak ada satu pun target yang kena.

Alih-alih, gunakan analisis pasar target untuk menentukan siapa yang paling menginginkan dan membutuhkan produk Anda dan fokus di sana. Anda perlu memahami ukuran pangsa pasar Anda, siapa saja konsumen Anda, dari mana mereka berasal dan hal apa saja yang mungkin berpengaruh pada keputusan mereka untuk membeli.

Untuk melakukannya, lihat faktor demografis sebagai berikut untuk membuat segmen pasar:

  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Tempat tinggal/domisili
  • Pekerjaan
  • Pendidikan
  • Kebutuhan
  • Preferensi konsumen.

Selama melakukan penelitian pasar lewat faktor-faktor demografis di atas, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk merancang profil pelanggan dalam bentuk persona (buyer persona) yang menggambarkan pelanggan ideal Anda. Buyer persona bisa dijadikan model untuk merancang strategi pemasaran terbaik yang tepat sasaran.

Menyusun Strategi Penargetan yang Efektif

Setelah membuat segmentasi pasar, cara meningkatkan keunggulan bersaing di toko online Anda adalah dengan menggunakan strategi penargetan yang efektif. Secara umum, ada 3 strategi penargetan yang bisa Anda gunakan. Apa saja?

  • Pemasaran yang terdiferensiasi. Pemasaran terdiferensiasi terjadi ketika perusahaan membuat kampanye bagi dua atau lebih audiens target, demografi atau segmen pasar yang berbeda. Dengan menargetkan beberapa segmentasi pasar yang berbeda (yang sudah didefinisikan dengan baik), sebuah brand bisa membangun basis pelanggannya, menguasai niche serta mulai membangun brand awareness secara organik
  • Pemasaran terkonsentrasi. Pemasaran terkonsentrasi terjadi ketika sebuah perusahaan membuat satu kampanye untuk demografis yang spesifik dan sempit. Strategi ini biasanya paling cocok untuk bisnis baru dan merupakan langkah yang umum dilakukan oleh bisnis apa pun yang ingin menemukan prospek atau niche yang ideal untuk mereka
  • Pemasaran yang tidak terdiferensiasi. Pemasaran yang tidak terdiferensiasi terjadi ketika sebuah perusahaan membuat satu kampanye untuk seluruh audiensnya, dengan semua segmen yang melihat pesan yang sama. Artinya, pesan yang ingin disampaikan bersifat umum agar bisa menarik bagi banyak orang.

Setelah mengetahui strategi penargetan apa saja yang bisa kamu lakukan, saatnya untuk memilih satu (atau lebih) strategi yang paling cocok dengan bisnismu. Jangan lupa melakukan positioning dan membuat pemetaan pesaing. Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa memenangkan persaingan kompetitif.

Optimalisasi Toko Online untuk Meningkatkan Daya Saing

strategi toko online

Di dunia toko online yang sangat kompetitif dengan ekspektasi yang tinggi dari pelanggan, suli mengembangkan bisnis Anda karena konversi tidak akan datang kecuali Anda melakukan optimalisasi toko online Anda. Anda juga harus menyusun sejumlah strategi untuk mendapatkan pencarian organik sehingga bisa menonjol dan menang di antara para pesaing.

Strategi apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan toko online yang Anda miliki dan meningkatkan daya saing?

Pengoptimalan SEO untuk Visibilitas yang Lebih Baik

Optimasi SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di halaman pencarian organik. Semakin tinggi visibilitas situs Anda, semakin besar peluang traffic akan masuk ke toko online Anda. Pada akhirnya, ini juga akan meningkatkan konversi.

Beberapa strategi optimasi SEO untuk toko online yang lebih tinggi dalam hasil pencarian yang bisa Anda lakukan antara lain adalah:

  • Gunakan kata kunci yang tepat. Lakukan riset kata kunci dengan cermat, sesuai dengan niche dan produk yang Anda tawarkan
  • Buat tautan balik (interlink) dengan menggunakan kata kunci sebagai anchor text. Mesin pencari biasanya mengikat teks tautan dengan halaman tempat tautan tersebut berada atau ke mana arah tautan tersebut. Ini membuat anchor text menjadi penting karena teks ini mendeskripsikan situs dengan lebih akurat. Dalam proses menghubungkan halaman-halaman ini dengan anchor text berupa kata kunci, Anda bisa membantu Google memahami kata kunci yang relevan dengan niche bisnis Anda untuk menilai cara menentukan peringkat situs atau halaman Anda pada hasil pencarian
  • Buat konten berkualitas. Konten adalah bagian penting dalam SEO. Tanpa konten, mesin pencari tidak akan memiliki cukup informasi untuk mengindeks halaman situs Anda dengan benar dan menentukan peringkat situs Anda. Konten yang berkualitas akan juga akan membantu menarik audiens ke situs Anda.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna dan Konversi

Pengalaman pengguna atau user experience (UX) ketika mereka mengunjungi situs toko online Anda juga sangat menentukan tingkat konversi. Kecepatan situs yang baik, desain yang responsif, navigasi yang mudah serta adanya tampilan produk dan ulasan pelanggan adalah beberapa kriteria toko online yang mampu memberikan pengalaman pelanggan yang baik.

Ada beberapa cara meningkatkan konversi di toko online melalui pengalaman pengguna yang baik antara lain:

  • Gunakan tur produk interaktif. Tur produk interaktif adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna di situs toko online atau aplikasi Anda. Bisa dengan memberikan petunjuk langkah demi langkah yang ringkas untuk menggunakan produk Anda atau dengan menyoroti fitur/update produk Anda.
  • Gunakan headline yang jelas dan ringkas. Headline atau judul situs adalah elemen penting yang pertama dilihat oleh pengunjung situs. Headline juga berfungsi sebagai benang merah untuk tone konten lainnya. Judul yang jelas dan ringkas akan sangat membantu dalam meningkatkan konversi di situs toko online Anda
  • Buat menu-menu yang mudah dinavigasi. Menavigasi situs harus bisa dilakukan dengan mudah dan intuitif. Anda harus memastikan pengguna bisa menemukan apa yang mereka cari hanya dengan beberapa klik. Itulah sebabnya kenapa menggunakan menu yang mudah dinavigasi adalah faktor penting saat mendesain situs toko online Anda
  • Tawarkan produk gratis/free sample. Dengan mengizinkan pengguna untuk merasakan produk atau layanan sebelum mereka membeli, bisnis bisa meningkatkan peluang konversi dengan mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang membayar
  • Pastikan situs Anda responsif untuk perangkat mobile. Jika Anda ingin meningkatkan jumlah kunjungan ke situs Anda dan melakukan pembelian, penting untuk memastikan bahwa situs Anda didesain responsif untuk perangkat seluler. Berbagai studi menunjukkan bahwa pengguna cenderung lebih terlibat dengan situs jika mereka bisa mengaksesnya dengan menggunakan ponsel atau tablet mereka.

Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Pemasaran online atau digital marketing menjadi sangat krusial di era teknologi seperti sekarang. Jangankan bisnis toko online, bisnis toko fisik pun perlu memiliki strategi pemasaran yang efektif jika ingin menjangkau lebih banyak konsumen. Bagaimana cara melakukannya?

Pemasaran Konten yang Relevan dan Menarik

Pemasaran konten atau content marketing merupakan pendekatan strategi pemasaran yang berfokus pada penciptaan dan pendistribusian konten yang berguna, relevan dan konsisten untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Bagaimana menggunakan pemasaran konten untuk memenangkan persaingan di toko online?

  • Dengan membuat konten blog yang berkualitas dan relevan. Membuat konten blog telah dilakukan oleh banyak brand untuk menarik lebih banyak konsumen. Bahkan, e-commerce besar pun ikut melakukan langkah serupa. Dengan membuat konten blog yang berkualitas dan relevan, akan semakin tinggi traffic ke situs Anda. Apalagi jika audiens Anda membagikannya lagi lewat media sosial
  • Infografis merupakan salah satu alat yang sanga efektif untuk melakukan kampanye pemasaran digital. Infografis mampu menyampaikan informasi dengan lengkap meski terbatas dari segi ruang, waktu maupun fokus yang dimiliki oleh pembaca. Infografis juga merupakan konten berharga yang kerap dibagikan oleh orang-orang
  • Membuat video pemasaran. Selain dengan media visual (dengan tulisan blog dan infografis), Anda juga bisa menarik minat konsumen lewat media audiovisual (video). Saat ini, video yang dibuat cenderung mudah viral dan menjangkau khalayak luas. Apalagi kalau materi videonya unik dan menarik. Karena itu, banyak brand yang memilih menggunakan video marketing dalam strategi pemasaran digital mereka.

Menggunakan Media Sosial untuk Membangun Brand dan Menjangkau Pelanggan

Pemasaran sosial media atau social media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan dan sebagai sarana bagi brand untuk terhubung dan melakukan interaksi pelanggan. Terlebih saat ini, berbagai jenis media sosial baru bermunculan dengan jumlah pengguna yang terus bertambah setiap harinya. Ini tentu membuka peluang yang lebih besar bagi pemilik brand untuk berpromosi lewat media sosial.

Bagaimana strategi media sosial untuk meningkatkan kehadiran merek di toko online Anda? Simak penjelasannya berikut ini!

  • Buat strategi pemasaran media sosial yang tepat. Setiap perusahaan membutuhkan media sosial yang berbeda-beda. Setiap platform juga memiliki cara kerja yang berbeda. Penting untuk memahami jenis platform apa yang cocok untuk brand kamu dengan mempertimbangkan target audiens, pesan yang ingin disampaikan dan jenis konten yang ingin digunakan
  • Lakukan secara konsisten. Tidak peduli seberapa bagus konten yang ingin Anda bagikan di media sosial, tanpa konsistensi maka itu tidak akan memberikan hasil yang optimal. Posting konten secara teratur dengan menggunakan kalender khusus. Buat perencanaan untuk menjaga semua konten tetap berada dalam jalurnya. Perhatikan juga konsistensi dari aspek-aspek brand Anda seperti brand image, brand message dan frekuensi postingan
  • Buat konten yang menarik dan membuat audiens merasa terlibat. Feed media sosial audiens Anda akan dipenuhi oleh jutaan orang. Untuk tampil menonjol dan menciptakan interaksi pelanggan, buatlah konten yang bagus. Selain konten viral berupa video, buat konten yang mengandung berita (informasi baru), memuat media yang menarik (gambar, video atau GIF), mengikuti tren atau dengan melakukan kerja sama dengan influencer
  • Bangun keterlibatan dengan pelanggan/pengikut. Membangun keterlibatan dengan pengikut media sosial sangat penting untuk membangun komunitas dengan mereka. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan mulai dengan menyukai dan menanggapi komentar, melakukan live streaming, membuat konten polling dan kuis
  • Lacak dan lakukan analisis metrik. Melacak dan mendalami analitik media sosial adalah satu langkah penting yang harus Anda lakukan ketika sedang membangun brand awareness secara online. Untungnya saat ini sebagian besar aplikasi media sosial bisa membantu melacak metrik Anda (terutama untuk akun bisnis). Dengan data dan statistik yang Anda punya, Anda bisa menganalisis strategi secara efektif untuk meningkatkan kinerja brand.

Membuat strategi media sosial yang efektif dan terarah akan meningkatkan performa bisnis Anda secara online. Menggunakan beragam cara unik untuk berinteraksi dengan audiens bisa meningkatkan jangkauan. Dan yang lebih penting lagi, melakukan analisis metrik akan membantu Anda menentukan apakah Anda sudah berada di jalur yang benar atau tidak.

Media sosial terus berkembang dengan berbagai tren baru setiap harinya. Beberapa langkah di atas akan membantu Anda menyusun strategi dan menumbuhkan audiens Anda.

Pertanyaan Umum tentang Menghadapi Persaingan di Dunia Toko Online

strategi toko online

Menghadapi persaingan di dunia toko online memang bukan hal yang mudah. Ada berbagai pertanyaan yang mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan strategi. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain adalah:

Pertanyaan 1 : Bagaimana cara bersaing dengan toko online besar dalam industri yang sama?

Jawaban         : Bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dalam ceruk yang sama memang kerap membuat banyak pebisnis kehilangan kepercayaan dirinya. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa memenangkan persaingan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

  • Tawarkan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang berbeda ini bisa berupa sesuatu yang lebih spesifik. E-commerce raksasa mungkin menyediakan banyak perlengkapan rumah. Tapi Anda bisa hadir dengan penawaran yang lebih spesifik: menyediakan perlengkapan dekorasi interior rumah
  • Lakukan segalanya dengan cara yang lebih personal. Ungkapkan latar belakang bisnis Anda atau siapa saja yang ada di belakangnya. Tunjukkan apa yang membuat bisnis Anda terasa lebih manusiawi dan dekat dengan pelanggan. Lakukan pendekatan yang lebih personal dengan setiap pelanggan lewat jaringan sosial seperti Twitter atau Facebook.

Pertanyaan 2 : Apa yang membedakan strategi pemasaran toko online yang sukses dari yang lain?

Jawaban         : Strategi pemasaran online yang sukses dibuat dengan perencanaan yang baik, lewat riset dan data serta melalui evaluasi sepanjang waktu. Lewat langkah-langkah ini, strategi pemasaran akan semakin baik dan pada akhirnya meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi bisnis yang melakukannya.

Pertanyaan 3 : Apa saja faktor kunci untuk meningkatkan daya saing di pasar toko online?

Jawaban         : Dalam meningkatkan daya saing di pasar toko online, Anda terlebih dahulu harus mengakui bahwa persaingan itu memang ada. Selanjutnya, pahami dengan baik bisnis Anda, KPI-nya, kondisi finansialnya konsumennya dan tentu saja kenali dengan baik semua pesaing Anda.

Pertanyaan 4 : Bagaimana cara menjaga relevansi dan daya saing toko online dalam jangka panjang?

Jawaban         : Agar bisnis toko online Anda tetap relevan dan mampu bersaing dalam jangka waktu yang lama, ada berbagai hal yang perlu dilakukan antara lain:

  • Lakukan analisis kompetitor. Belajar dari pesaing akan membantu Anda melihat tren baru dan mengantisipasi adanya pergeseran dalam tren. Ini akan menjaga bisnis Anda tetap relevan
  • Fokus pada kualitas produk. Toko online yang mendapatkan perhatian paling besar adalah mereka yang mampu menawarkan produk baru yang menarik. Itulah sebabnya kenapa Anda harus tetap mengikuti tren dan teknologi terbaru agar bisa tetap unggul di pasaran. Sayangnya, tidak semua bisnis bisa menghasilkan produk baru atau produk yang lebih baik. Solusi dari situasi ini tetap ada: buat produk yang berbeda karena diferensiasi akan memberi Anda keunggulan kompetitif
  • Bangun branding yang unik. Branding adalah inti dari identitas bisnis Anda. Jika Anda tampil sama seperti yang lain, akan sulit untuk terlihat menonjol. Karena itu, pastikan branding Anda cukup unik untuk membuat khalayak lebih mudah mengingat Anda.

Kesimpulan

Persaingan dalam bisnis adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Ini berlaku untuk semua jenis bisnis, baik yang besar atau kecil, yang dijalankan secara online maupun offline. Anda tidak bisa bertahan jika tidak mengakui adanya persaingan dan Anda tidak bisa memenangkan persaingan tanpa strategi yang mumpuni.

Menghadapi Persaingan di Dunia Toko Online dengan Percaya Diri dan Efektif

Untuk menghadapi persaingan di dunia toko online dengan percaya diri dan efektif, Anda perlu mengambil pendekatan yang holistik. Idealnya, Anda harus memastikan semua bagian dalam bisnis Anda bekerja dengan lancar. Ini termasuk proses manufaktur, produksi, distribusi hingga pemasaran. Semuanya harus bekerja sama satu sama lain untuk mencapai hasil yang optimal. Anda juga harus memastikan bahwa bisnis Anda bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan eksternal maupun internal.

Itu dia berbagai strategi menghadapi persaingan di dunia toko online. Lewat pendekatan yang tepat, bisnis toko online Anda bisa melesat seperti yang Anda impikan!