Tingginya penggunaan media sosial secara tidak langsung telah mendorong munculnya strategi influencer marketing. Influencer marketing merupakan salah satu strategi yang efektif memperluas jangkauan merek. Menariknya, rekomendasi yang diberikan oleh influencer lebih dipercaya oleh pelanggan dibandingkan media sosial biasa. Tak heran apabila banyak pebisnis mulai memanfaatkan jasa influencer untuk menarik lebih banyak calon pelanggan potensial dan membuka peluang yang lebih menguntungkan.
Apa yang Dimaksud Dengan Influencer?
Influencer dapat disebut sebagai sosok yang memiliki kemampuan memengaruhi orang lain untuk membeli suatu produk atau layanan. Seorang influencer tidak harus selebritas, mereka bisa berasal dari berbagai kalangan yang memiliki otoritas, posisi penting, pengetahuan luas, atau profesi yang berhubungan dengan audiens. Di dunia marketing, influencer adalah alat promosi yang dibayar untuk memengaruhi serta mengubah opini dan perilaku audiens melalui media online sehingga mereka tertarik membeli produk tersebut.
Umumnya, influencer memiliki jumlah pengikut mencapai ribuan hingga jutaan. Dalam setiap konten yang disajikan, seorang influencer harus memiliki strategi penyampaian promosi secara tepat, jelas, mudah dimengerti, dan autentik sehingga mudah diterima oleh audiens. Umumnya, influencer lebih sering menerapkan soft selling dalam setiap konten yang disajikan. Strategi inilah yang justru dinilai efektif untuk mendapatkan hasil maksimal.
Lantaran memiliki pengaruh yang besar, seorang influencer bisa menjadi trend setter suatu merek untuk skala kecil maupun besar. Dalam perkembangannya, influencer lebih mudah mendapatkan kepercayaan publik maupun pengikutnya di media sosial. Inilah mengapa pemasaran melalui influencer dinilai lebih cepat mencapai sasaran. Tak hanya meningkatkan brand awareness, pengaruh influencer efektif meningkatkan penjualan sesuai pangsa pasar.
Berdasarkan jumlah pengikut, influencer terdiri dari beberapa jenis, yakni:
-
Mega Influencer
Influencer ini memiliki banyak pengikut di media sosial, mencapai lebih dari 1 juta pengikut. Kebanyakan influencer kategori ini berasal dari kalangan selebritas, bintang film, musisi, atau olahragawan. Tak mudah bekerja sama dengan mega influencer. Pasalnya, mereka lebih selektif dan mematok tarif besar untuk setiap postingan.
-
Macro Influencer
Macro influencer memiliki jumlah pengikut sekitar 50 ribu hingga 1 juta. Biasanya, influencer kategori ini berasal selebritas yang masih merintis karier dan belum begitu dikenal serta pakar daring yang sukses membangun pengikut signifikan. Dari seluruh jenis influencer, keberadaan macro influencer tergolong paling banyak. Mereka lebih mudah diajak bekerja sama dan mematok tarif yang lebih bersahabat.
-
Micro Influencer
Micro influencer merupakan orang biasa yang dikenal luas karena pengetahuannya dalam bidang tertentu, seperti kecantikan, olahraga, fesyen, tata boga, dan lainnya. Umumnya, kategori ini memiliki jumlah pengikut sekitar seribu hingga 50 ribu. Lantaran baru memiliki pengikut yang tak seberapa, tak jarang mereka mau mempromosikan produk secara gratis.
-
Nano Influencer
Influencer jenis ini memiliki jumlah pengikut paling sedikit, kurang dari seribu. Meskipun demikian, mereka ahli dalam bidang yang terspesialisasi. Meskipun keberadaan nano influencer kerap dianggap kurang penting, pengikutnya tergolong setia dan mau mendengarkan masukan maupun pendapatnya.
Manfaat Endorse Influencer
Influencer marketing termasuk kategori native ads, yakni konten media berbayar yang ditampilkan dalam format sesuai layout media placement atau platform. Apabila target pelanggan Anda berasal dari media sosial, jasa influencer layak dipertimbangkan. Supaya lebih jelas, berikut sejumlah manfaat endorse influencer.
Produk Lebih Terkenal
Menerapkan strategi influencer marketing dapat membantu produk Anda menjadi pusat perhatian. Lantaran digunakan secara langsung oleh influencer, tak sedikit pengikutnya yang kemudian tertarik membeli produk tersebut.
Meningkatkan Brand Awareness
Seorang influencer dapat membantu mempromosikan merek kepada pengikutnya. Orang-orang yang semula tidak mengenali produk Anda, lambat laun akan menyadari dan mengingatnya. Banyak orang menggunakan produk atau layanan karena telah dicoba langsung oleh influencer yang mereka percaya, sukai, atau idolakan. Bagi bisnis baru, influencer marketing dapat membantu meningkatan brand awareness.
Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
Menggunakan jasa influencer dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap produk maupun layanan bisnis Anda. Influencer profesional sering kali membantu memberi masukan mengenai tema konten yang sesuai dengan merek Anda.
Menjangkau Pelanggan Potensial
Influencer yang memiliki jumlah pengikut aktif hingga satu juta lebih memiliki peluang besar untuk menjangkau pelanggan potensial. Jutaan orang akan mengetahui bisnis yang Anda miliki. Ketika produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya, mereka tak segan untuk melakukan pembelian. Makin banyak orang tertarik, makin besar penghasilan yang Anda dapatkan.
Membangun Kedekatan Dengan Pelanggan
Sebagian besar calon pelanggan akan mencari informasi mengenai produk atau layanan tertentu melalui internet. Strategi influencer marketing dapat menjadi pilihan terbaik untuk memperkenalkan bisnis Anda. Makin bagus kemampuan influencer memengaruhi orang lain, makin tinggi kepercayaan pelanggan. Alhasil, Anda akan lebih mudah menjalin kedekatan dan lebih cepat memahami keinginan pelanggan.
Memperluas Pangsa Pasar
Mengingat seorang influencer biasanya memiliki banyak pengikut dengan umur dan latar belakang berbeda, penerapan strategi influencer marketing bisa memperluas target pasar Anda. Semula bisnis Anda hanya ditargetkan untuk usia 18-22 tahun, tetapi produk Anda kemudian disukai oleh pelanggan berusia 22 tahun ke atas berkat pengaruh influencer.
Makin luas pangsa pasar, makin baik untuk perkembangan bisnis. Namun, perlu diingat bahwa Anda juga harus bisa menyesuaikan produk dengan target market untuk menjaga kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
Membuka Peluang Baru
Ketika bekerja sama dengan influencer untuk menghasilkan konten bisnis yang luar biasa, secara tidak langsung Anda telah membuka banyak peluang baru. Jangan ragu menggunakan data statistik audiens untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Hal ini bukan hanya menguntungkan Anda, melainkan juga membantu partumbuhan jumlah pengikut influencer. Makin banyak jumlah pengikut, makin cepat merek Anda dikenal secara luas.
Memberikan Hallo Effect
Hallo Efect adalah kecenderungan bias kognitif dari seseorang, merek, atau perusahaan yang dapat memunculkan kesan positif untuk memengaruhi pendapat pelanggan secara keseluruhan. Ketika influencer yang memiliki pengikut setia menggunakan produk atau layanan Anda, mereka akan menilainya secara positif. Apabila Anda memiliki saingan bisnis yang kompetitif dengan produk serupa, influencer marketing dapat meningkatkan kepercayaan dan menginspirasi pelanggan melakukan pembelian.
Jenis Kemitraan Influencer
Mengingat influencer adalah sosok yang dapat memengaruhi orang lain untuk membeli produk yang dipromosikan, Anda perlu memahami jenis kemitraan agar hasil yang didapatkan sesuai target. Beberapa jenis kemitraan influencer, antara lain:
Pemasaran Afiliasi
Pemasaran afiliasi adalah model penjualan yang bertujuan untuk merekomendasikan suatu produk atau layanan dengan imbalan berupa komisi berdasarkan penjualan. Sebagai pihak ketiga, influencer akan mendapatkan komisi dengan persentase sekitar 5 hingga 50% tergantung kesepakatan. Jenis kemitraan ini memiliki tingkat risiko rendah lantaran komisi hanya dibayar ketika produk terjual.
Brand Ambassador
Brand Ambassador adalah sosok yang dipercaya untuk mewakili merek tertentu dan bertugas mempromosikan produk atau layanan tersebut. Jenis kemitraan ini mewajibkan seorang influencer untuk mempelajari visi misi perusahaan, membantu pembuatan konten, bekerja sama untuk membuat konsep kampanye produk, berpartisipasi dalam event marketing, serta membangun kesadaran merek dan citra positif.
Untuk mencapai target yang diharapkan, influencer harus membagikan konten tentang produk Anda secara konsisten. Sebagai “wajah” suatu merek, influencer juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan vendor maupun pengikut dan memonitor masukan atau komplain dari pelanggan untuk kemajuan bisnis. Lantaran kemitraan ini biasanya bersifat jangka panjang, pastikan Anda memilihnya dengan bijak.
Konten Bersponsor
Sesuai namanya, konten bersponsor merupakan konten yang dibuat untuk mempromosikan bisnis dalam bentuk artikel, video, atau carousel. Jenis kemitraan ini hadir untuk menjelaskan kelebihan produk atau layanan Anda dengan tujuan mendapatkan atensi. Biasanya, seorang influencer yang dipercaya untuk mempromosikan produk akan membuat konten menarik yang mampu mendorong keingintahuan pelanggan.
Pemberian Produk
Jenis kemitraan ini dilakukan dengan cara memberi produk ke influencer. Tujuannya agar influencer mau menggunakan produknya dan memberi ulasan positif terkait hal tersebut. Pemberian produk cocok bagi Anda yang masih memulai bisnis kecil-kecilan.
Giveaway
Giveaway merupakan cara yang bagus untuk menarik pengikut baru dan menciptakan kesadaran merek. Jenis kemitraan ini biasanya dimulai dengan membuat kuis ringan untuk 3 hingga 5 orang pemenang. Hadianya berupa produk yang Anda jual. Biasanya, syarat untuk mengikuti kuis dapat didiskusikan bersama influencer. Umumnya, giveaway yang diadakan dalam jangka pendek dan hanya boleh diikuti oleh pengikut akun influencer tersebut.
Kendati kemitraan ini menguntungkan, Anda harus tetap merancang dan menghitung anggaran lebih dulu mengenai biaya terkait, biaya untuk hadiah, dan perkiraan pengembalian. Selain itu, Anda bisa memprediksi nilai media dengan menentukan jumlah tayangan, keterlibatan, pengikut, dan tolak ukur lain yang relevan. Giveaway harus mendapatkan hasil positif, yakni memancing rasa penasaran pelanggan dan mendorong mereka melakukan pembelian.
Posting Teks
Jenis kemitraan ini hampir mirip dengan konten bersponsor. Namun, biasanya tanpa tambahan visual. Influencer yang diajak bekerja sama harus melakukan posting konten teks dengan jumlah sesuai kesepakatan. Kemitraan ini paling murah dibandingkan jenis lainnya karena hanya mengeluarkan sedikit biaya dan waktu produksi.
Diskon
Sesuai namanya, kemitraan ini bekerja sama dengan influencer untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian produk yang ditawarkan. Cara yang dilakukan oleh influencer bervariasi, mulai dari pembuatan video, tulisan, atau live streaming untuk menarik minat mereka. Nantinya, influencer akan memberikan kupon diskon khusus setiap pembelian nominal tertentu agar pelanggan yang sudah tertarik melakukan pembelian.
Takeovers Platform
Takeovers platform seorang influencer mengambil alih saluran media sosial dalam waktu tertentu untuk membuat dan posting konten bisnis Anda. Takeovers platform dapat meningkatkan kredibilitas bisnis, meningkatkan kepercayaan, dan mendorong pelanggan lebih mengenal merek Anda. Meskipun takeovers platform Instagram paling populer, jenis kemitraan ini juga berfungsi di media sosial lain. Apabila Anda tertarik melakukan takeovers platform, pastikan memilih influencer yang dapat dipercaya.
Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Endorse Influencer
Sebelum menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis Anda, berikut sejumlah hal yang harus dipertimbangkan terlebih dulu.
Tujuan
Untuk memudahkan Anda mengukur keberhasilan kemitraan, tuliskan tujuan dan tentukan Key Performance Indikators (KPI) dalam spreadsheet atau dokumen perencanaan. Contoh titik awal KPI yang direkomendasikan, sebagai berikut.
- Meningkatkan kesadaran merek
- Meningkatkan angka penjualan
- Meningkatkan jumlah pengikut di media sosial bisnis
Pengaturan Produksi
Pengaturan produksi merupakan hal yang perlu diperhatikan lantaran terkait dengan proses pembuatan konten promosi. Beberapa hal yang perlu dipertimbangan, meliputi:
- Lokasi pembuatan konten.
- Perlukah menyewa tempat atau studio?
- Peralatan yang dibutuhkan selama membuat konten.
- Kendaraan yang dibutuhkan untuk bepergian ke lokasi.
- Konsumsi selama pembuatan konten.
- Biaya produksi dan hal terkait lainnya.
Lama Waktu Produksi Konten
Pertimbangkan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh influencer untuk menghasilkan konten. Anda bisa melakukan negosiasi mengenai waktu dan jumlah konten yang harus dibuat influencer. Apabila bisnis termasuk skala menengah ke atas, Anda memerlukan bukti hitam di atas putih atau kontrak kerja sama.
Berapa Harga Endorse Influencer?
Untuk menggunakan jasa influncer, Anda harus mengeluarkan biaya tak sedikit. Agar tetap menguntungkan, sesuaikan keperluan Anda dengan bujet. Berikut acuan daftar harga rata-rata influencer untuk platform Instagram dan TikTok.
Biaya influencer Instagram dibedakan menurut jumlah pengikut, jenis konten, dan jumlah jangkauan. Dasar perhitungan harga influencer standar dapat dilakukan dengan menjumlahkan total pengikut, jumlah posting, eksklusivitas, dan biaya tambahan. Bisa juga dengan menghitung 4% dari jumlah pengikut ditambah jumlah posting dan eksklusivitas. Berikut kisaran harga jasa influencer Instagram secara umum.
- Nano influencer: Rp15.000 hingga Rp1.500.000 per posting.
- Micro influencer: Rp1.500.000 hingga Rp7.500.000 per posting.
- Makro influencer: Rp7.500.000 hingga Rp15.000.000 per posting.
- Mega influencer: Rp15.000.000 hingga Rp37.500.000 per posting.
TikTok
TikTok sangat efektif untuk membuat produk Anda viral dalam waktu singkat dibandingkan platform lain. Berbeda dengan Instagram, harga influencer lebih terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan influencer haruslah sesuai dengan target market Anda. Pasalnya TikTok lebih didominasi oleh pengguna remaja dan dewasa muda.
Dasar perhitungan harga influencer TikTok standar dapat dilakukan dengan menjumlahkan rata-rata penayangan, jumlah suka, dan jumlah komentar dari lima konten terakhir dibagi biaya konten. Berikut kisaran harga influencer TikTok berdasarkan jumlah pengikutnya.
- Nano influencer: mulai dari Rp120.000 per posting.
- Micro influencer: mulai dari Rp225.000 per posting.
- Makro influencer: mulai dari Rp450.000 per posting.
- Mega influencer: mulai dari Rp750.000 per posting.
Faktor yang Memengaruhi Harga Endorse
Lantas, apa saja faktor yang memengaruhi harga influencer?
Jumlah Pengikut
Jumlah pengikut menentukan jangkauan yang dapat ditawarkan oleh influencer kepada merek Anda. Makin banyak pengikut, makin banyak perhatian yang tertuju pada konten produk. Inilah salah satu alasa mengapa influencer yang memiliki banyak pengikut mengenakan biaya lebih tinggi. Bahkan, beberapa selebritas dunia, seperti Kylie Jenner, Cristiano Ronaldo, dan Selena Gomez mengenakan tarif sebesar $1 juta per posting Instagram.
Keterlibatan dan Kinerja Influencer
Selain jangkauan, tingkat keterlibatan dan kinerja influencer juga menjadi faktor yang menentukan tarif. Kedua hal tersebut menunjukkan nilai influencer dan kemampuan dalam memengaruhi calon pelanggan potensial untuk membeli produk yang ditawarkan. Keterlibatan influencer secara langsung efektif mendorong konversi produk Anda.
Pilih influencer yang aktif berkomunikasi dengan pengikutnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang mereka membagikan konten, menyukai konten, mengklik tautan konten, atau memberi komentar pada konten tersebut.
Platform Media Sosial
Besaran tarif influencer juga dipengaruhi jenis platform media sosial. Ketika menghitung biaya untuk membayar influencer, pertimbangkan waktu dan upaya yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten.
Jenis Konten
Jenis konten memengaruhi ekspektasi Anda menentukan tarif influencer. Tentunya pembuatan Instastory memerlukan waktu dan upaya yang berbeda dengan pembuatan Reels Instagram, Feed Post, video, atau Instalive.
Durasi Kontrak
Durasi kontrak juga memengaruhi harga influencer. Kontrak jangka pendek akan lebih murah dibandingkan jangka panjang. Agar tak salah menentukan durasi kontrak, pastikan untuk menghitung risiko dan anggaran Anda.
Biaya Agensi
Apabila influencer yang hendak diajak bekerja sama diwakili oleh agensi atau manajer, Anda harus mempersiapkan biaya tambahan.
Posting Kombo
Apabila berencana untuk mempromosikan konten di beberapa platform, Anda bisa melakukan negosiasi harga. Biasanya, Anda akan dikenakan biaya tambahan sesuai permintaan konten. Jika konten yang digunakan di seluruh platform berbeda, biaya yang dibutuhkan tentunya makin besar.
Tautan di Bio
Tautan di bio merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas di website bisnis Anda. Anda bisa meminta influencer untuk menambahkan tautan di bio. Namun, penambahan ini kemungkinan besar akan dikenakan biaya tambahan sesuai durasi kontrak.
Eksklusivitas
Eksklusivitas mencegah influencer bekerja sama dengan pesaing Anda. Lantaran menghalangi influencer menerima kesepakatan menguntungkan lainnya, biaya yang harus Anda keluarkan jauh lebih besar. Tak perlu khawatir karena biaya yang dibutuhkan dapat Anda negosiasikan. Namun, perlu diingat bahwa makin terkenal influencer tersebut, makin mahal harga yang harus dibayar.
Hak Penggunaan
Tarif yang berlaku akan dipatok lebih mahal apabila Anda ingin memiliki hak atas konten yang dihasilkan influencer untuk digunakan di kemudian hari. Meskipun demikian, hal ini tetap menguntungkan karena Anda berhak menggunakannya tanpa batas waktu. Memiliki konten berkualitas tinggi dan autentik efektif mengoptimalkan Return on Invesment (ROI).
Demikianlah penjelasan mengenai influencer lengkap dengan manfaat, jenis, dan biayanya. Berbekal informasi di atas, Anda bisa mempertimbangkan jasa yang ditawarkan oleh influencer. Jasa tersebut sangat cocok untuk memperkenalkan merek bisnis, meningkatkan kesadaran merek, menambah jumlah pelanggan potensial, memperbesar peluang pembelian, dan memaksimalkan keuntungan. Namun, pastikan memilih influencer yang memiliki pengaruh besar agar hasilnya lebih optimal.