Penting tidak sih, marketing strategy alias strategi pemasaran bagi perkembangan bisnis? Kenyataannya, apapun status Anda sekarang (pebisnis pemula yang sedang berjuang ataupun yang sudah mapan dengan omzet yang stabil), strategi marketing atau pemasaran yang terorganisasi dengan baik bisa berdampak langsung pada kesuksesan bisnis. Sebaliknya, Anda sangat mungkin menghadapi risiko kalah saing tanpa strategi maketing yang matang.
Apa sebenarnya strategi marketing itu, bagaimana contohnya, dan apakah ada tips strategi pemasaran yang bisa Anda jadikan petunjuk? Temukan jawabannya di bawah ini.
Apa Itu Strategi Pemasaran?
Strategi pemasaran adalah rencana perusahaan atau pebisnis untuk menjangkau pelanggan potensial dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Jadi, tak sekadar mendorong pelanggan memasukkan barang ke keranjang belanja, tetapi juga memastikan mereka mengenal produk dengan baik, kemudian dengan senang hati melakukan check out dan terus kembali lagi.
Secara komprehensif, strategi pemasaran meliputi 4P, yakni:
- Price (harga): Jumlah biaya produk Anda dan alasannya.
- Product (produk): Produk yang akan Anda jual dan perbedaannya dengan produk lain yang ada di pasar.
- Promotion (promosi): Bagaimana Anda akan menampilkan produk Anda di depan audiens target Anda.
- Place (tempat): Di mana Anda akan menjual produk Anda.
Tujuan dari strategi pemasaran adalah menunjukkan cara agar Anda bisa memenangkan persaingan dan mempertahankan keunggulan kompetitif dari waktu ke waktu. Tanpa strategi pemasaran, Anda bisa jatuh ke dalam kebiasaan coba-coba yang tidak efisien, menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang untuk hal-hal yang bahkan tidak menghasilkan penjualan.
Manfaat Pemasaran Digital
Mengapa Anda perlu mengetahui tips strategi pemasaran, khususnya pemasaran digital? Karena membantu Anda membuat rencana yang terorganisasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Hasilnya, Anda bisa lebih mudah menentukan harga produk dan anggaran pemasaran, serta bisa dijadikan acuan untuk mendorong prospek dan penjualan. Nah, berikut adalah beberapa manfaatnya:
1. Alat Pengukur yang Hebat
Bayangkan, melalui digital marketing, Anda dapat dengan mudah melakukan analisis dan evaluasi berdasarkan data-data berikut:
- jumlah pengunjung situs web;
- jumlah konsumen yang pertama kali melakukan pembelian;
- jumlah pelanggan yang melakukan pembelian berulang;
- berapa banyak yang melihat produk Anda;
- berapa lama produk Anda dilihat;
- berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan;
2. Menjangkau Target Market secara Luas dan Tepat
Pemasaran digital memberi akses ke lebih banyak data, sehingga Anda dapat memahami keinginan, kebutuhan, minat, dan perilaku spesifik orang-orang tertentu dengan mengumpulkan dan memeriksa data, kemudian menggunakannya untuk mengirimkan komunikasi yang lebih relevan.
Contohnya, katakan Anda menjalankan promosi untuk toko ritel lokal, maka Anda dapat menjalankan promosi pemasaran berdasarkan lokasi. Bangunlah hubungan dengan pelanggan sebaik mungkin untuk mendorong penjualan.
3. Uji, Ulangi, dan Tingkatkan
Dalam pemasaran offline, sulit untuk menemukan vendor yang mengizinkan Anda menguji coba iklan pada papan reklame, email, atau radio meski hanya untuk satu atau dua hari. Pemasaran digital, sebaliknya, dapat diuji dengan bujet minimal, yang memungkinkan pemilik bisnis menekan biaya sampai menemukan media dan teknik promosi yang tepat—kemudian mereka bisa meningkatkan pemakaiannya secara cepat dan agresif bila diperlukan.
Tips Strategi Pemasaran Digital Populer
Sebelum masuk ke daftar pertama tips strategi pemasaran, perlu diketahui bahwa strategi marketing di bawah ini menggunakan metode yang paling populer dipakai oleh para pelaku bisnis dan sudah terbukti berhasil.
1. Pemasaran melalui SMS
SMS marketing atau pemasaran melalui SMS adalah salah satu cara tercepat untuk menjangkau pelanggan dan mendorong penjualan. Bila dibandingkan dengan email yang “potensi pesan dibuka”-nya sebesar 20% hingga 30%, pemasaran SMS bisa memberikan potensi hingga 90%! Menariknya, hanya butuh lima menit untuk menyiapkan promosi ini.
Mirip dengan pemasaran melalui email, Anda bisa memanfaatkan broadcast SMS untuk mengirim satu pesan ke banyak pelanggan sekaligus. Promosi tersebut bisa berupa informasi promo seperti obral kilat, diskon member, potongan harga member baru, dsb.
2. SEO
Sadarkah Anda, mayoritas trafik situs web toko online Anda berasal dari mesin pencari seperti Google? Inilah mengapa SEO (search engine optimization) adalah salah satu tips strategi pemasaran yang penting. Menurut Wolfgang Digital, halaman mesin pencari berkontribusi pada 35% dari total trafik dan 33% dari total pendapatan. Meski butuh waktu, strategi ini akan memudahkan Anda mendapat pelanggan daripada iklan berbayar yang sudah tentu lebih mahal.
3. Pemasaran melalui email
Tips strategi pemasaran email marketing mengacu pada pengiriman pesan kepada pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada untuk menjual, menginformasi, dan membangun afinitas. Strategi ini adalah cara murah dan kaya konversi untuk memasarkan toko online saat ini.
Bagian terbaiknya? Anda dapat membuat kampanye email marketing otomatis untuk terhubung dengan pelanggan dan membuat mereka datang kembali, seperti:
- Email transaksional, dikirim saat checkout atau tindakan pembelian lainnya, semacam konfirmasi order dengan detail pengiriman dan pembayaran.
- Email promosi, dirancang untuk membangun kesadaran merek dan mempromosikan produk atau penawaran baru. Misalnya, Anda bisa mengirim informasi diskon waktu terbatas selama liburan sekolah.
- Email lifecycle, dikirim berdasarkan waktu yang tepat dengan konten yang tepat. Jadi, email yang dikirim harus sesuai dengan tahap di mana mereka berada. Misalnya, apakah mereka baru dalam tahap tertarik, sudah terhubung dengan Anda, sudah mulai membeli, loyal, atau tidak aktif.
4. Influencer marketing
Influencer marketing adalah salah satu contoh tips strategi pemasaran digital terbaik untuk memasarkan produk Anda. Menurut Influencer Marketing Hub, sembilan dari 10 pemasar setuju bahwa influencer marketing itu lebih efektif menghasilkan keterlibatan pengguna daripada strategi pemasaran lainnya.
Rata-rata tingkat keterlibatan yang dihasilkan oleh influencer di Instagram adalah 5,7%, sekitar dua kali lebih tinggi dari konten yang dipublikasikan oleh pemilik brand sendiri. Beberapa saluran influencer marketing populer adalah:
- YouTube
- Blog
5. Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah strategi periklanan di mana sebuah bisnis membayar bisnis lain atau orang lain—alias afiliasi—untuk menghasilkan prospek dan penjualan. Dengan hampir 15% dari semua pendapatan industri media digital berasal dari pemasaran afiliasi, ini adalah cara cepat untuk menjangkau target pelanggan dan menghasilkan penjualan,
Mirip dengan influencer marketing, afiliasi akan merujuk ke produk Anda dengan membagikannya di berbagai platform, seperti blog, media sosial, situs web, dll. Afiliasi menghasilkan pundi-pundi uang setiap kali seseorang melakukan pembelian atau mendaftar melalui kode unik mereka. Kedua belah pihak pun akan mendapat keuntungan: bisnis Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan dan afiliator memperoleh penghasilan yang bagus.
6. Google Ads
Iklan berbayar per klik (PPC) Google adalah saluran pemasaran yang paling disalahpahami untuk memasarkan bisnis online. Banyak yang tetap menggunakan iklan media sosial di Facebook atau Instagram untuk kemudahan penggunaan, tetapi kehilangan pelanggan di dua media pencarian terbesar di dunia: Google dan YouTube.
Anda dapat menetapkan anggaran fleksibel paling rendah $5. Pembayaran pun hanya akan dilakukan saat seseorang mengklik iklan Anda, dan menargetkan audiens tertentu berdasarkan perilaku dan tindakan sebelumnya.
Registrasi Google Ads memang agak rumit, tetapi jika Anda sungguh-sungguh mempelajarinya, Anda dapat menjangkau target pasar lebih besar dengan minat beli yang tinggi, menjalankan promosi penargetan ulang, dan mendorong lebih banyak penjualan.
7. Podcast
Saat ini, orang-orang lebih banyak mendengarkan podcast setiap minggu. Data menunjukkan bahwa ada lebih dari 120 juta pendengar podcast di Amerika Serikat pada tahun 2021, dan jumlah itu diperkirakan akan terus memuncak hingga 160 juta pendengar pada tahun 2023.
Ada dua tips strategi pemasaran bisnis baru melalui podcast, yaitu:
- Mulai podcast Anda sendiri.
Menjalankan podcast bisa jadi cara yang bagus untuk menjangkau audiens dan memperluas bisnis. Anda tidak perlu menjadi orang teknis untuk membuatnya, juga tidak memerlukan investasi awal yang besar. Meski begitu, bisa memakan waktu cukup lama untuk membangun traksi.
- Menjadi tamu di podcast orang lain.
Pembawa acara podcast pun selalu harus mencari orang yang menarik untuk diwawancarai. Jika Anda memiliki cerita menarik, pengalaman industri, atau informasi berharga untuk dibagikan, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi tamu di podcast apa pun.
8. Pemasaran melalui media sosial
Pemasaran melalui media sosial adalah salah satu tips strategi pemasaran paling direkomendasikan untuk usaha kecil. Metode ini melibatkan penggunaan jejaring sosial untuk mempromosikan dan menjual produk dan layanan Anda. Anda bisa menggunakan cara tak berbayar (organik) ataupun berbayar.
Facebook, TikTok, dan Instagram cukup populer bagi kebanyakan orang, tetapi ada juga situs media sosial lain yang bisa Anda manfaatkan, seperti Twitter, LinkedIn, WeChat, dan Snapchat. Menentukan saluran media sosial yang tepat bergantung pada apa yang Anda jual, demografi pelanggan, dan tujuan pemasaran Anda secara keseluruhan.
Efektifitas media social marketing ini melibatkan kurasi konten, penjadwalan posting produk, dan mengotomatisasi apa saja. Strategi ini juga melibatkan audiens dan menjadi salah satu cara terbaik membangun hubungan nyata dengan audiens.
9. Pemasaran konten (content marketing)
Pemilik bisnis pasti mengerti pentingnya menciptakan persensi online yang kuat. Mereka membuat toko online yang brilian, berinvestasi dalam iklan, dan mengembangkan pemasaran email untuk menarik pelanggan. Namun, kebanyakan strategi konten mereka tidak memiliki nilai apa-apa.
Brand yang disukai saat ini adalah yang menjadi kreator dan bisa menyuguhkan cara-cara baru untuk membuat pendekatan konten dan terlibat dengan audiens. Ini adalah beberapa jenis konten yang bisa diandalkan:
- Blogging
- Webinar
- Buletin
- Video
- Audio
- Infografis
- Studi kasus
- Whitepaper
- Kontes dan hadiah
- Forum
- Podcast
- Live streaming
10. Pemasaran menggunakan video
Bukan rahasia lagi kalau orang lebih menikmati konten video, baik itu film, video TikTok, video YouTube, dll. Menurut penelitian terbaru dari Wyzowl, 92% bisnis menganggap konten video penting bagi strategi pemasaran mereka secara keseluruhan.
Untuk memastikan Anda terlibat dengan audiens target, video marketing harus memiliki tempat dalam strategi pemasaran digital Anda. Namun untuk mengikuti tren terbaru, Anda perlu mengetahui jenis konten video yang dibuat oleh pemasar. Ini tren video populer saat ini:
- Video penjelasan (yang dibuat oleh 72% pemasar)
- Video presentasi (48%)
- Video penjualan (42%)
- Iklan video (42%)
Tren video pendek (seperti TikTok) dan live streaming juga bisa Anda manfaatkan untuk memonetisasi dengan menjual produk secara langsung melalui video.
11. Program referral
Anda tentu tahu tentang pemasaran dari mulut ke mulut, karena bukan merupakan hal baru. Serupa dengan itu, bila Anda pernah menonton konten seorang influencer atau pengguna media sosial yang sedang menawarkan suatu produk dan menyebutkan “kode referral” di akhir konten, ini disebut program referral. Ini merupakan tips strategi pemasaran yang melibatkan seseorang merekomendasikan produk Anda untuk menarik dan membujuk pelanggan baru.
Program referral bekerja dengan baik karena kebanyakan konsumen beralih ke rekan atau orang yang mereka percaya untuk mendapatkan informasi valid tentang produk dan layanan. Penelitian menunjukkan, rekomendasi teman dan keluarga punya pengaruh lebih besar daripada dukungan selebritas.
Skema program referral juga sebenarnya tidak perlu terlalu rumit. Salah satu contohnya adalah Blume, produk perawatan tubuh. Blume menggunakan model sederhana “give $10, get $10” untuk mendapatkan pelanggan baru. Yang harus dilakukan hanyalah merekomendasikan Blume kepada seorang teman, dan ketika teman itu melakukan pembelian, kedua belah pihak mendapatkan potongan $10. Sangat mudah dan efektif.
12. Iklan Facebook
Tips strategi pemasaran kami selanjutnya adalah Facebook Ads. Lebih dari 10 juta pengiklan menggunakan Facebook untuk memasarkan bisnis mereka. Iklan Facebook hadir dalam berbagai format, seperti iklan gambar tunggal, iklan video, dan carousels. Bagian terbaiknya? Anda dapat menargetkan iklan tersebut ke audiens tertentu. Iklan PPC (Pay Per Click) ini berjalan di platform periklanan Facebook dan dapat muncul di:
- Feed Facebook
- FB messenger
Dalam hal mendapatkan pelanggan baru, iklan Facebook seringkali berhasil untuk bisnis online. Sebagai contoh, produk perawatan kulit pria AS, Lumin, ingin menjangkau pemirsa baru di Meksiko. Lumin menjalankan iklan video yang menunjukkan seorang pria menerima produk Lumin melalui pos, lalu memakai dan membicarakan manfaatnya. Facebook juga memberi layanan iklan foto yang memamerkan produk yang sama dengan tawaran untuk mencobanya secara gratis.
Lumin menjalankan promosi dari 1 November hingga 22 Desember 2021, dan lihat hasilnya berikut (dengan penambahan pasar di Meksiko):
- 40% penurunan biaya per pembelian melalui situs web;
- 62% penurunan biaya per tampilan landing page.
Meningkatkan Strategi Pemasaran Digital Anda
Memasarkan bisnis bisa memakan waktu, tetapi bisa jadi efektif bila dilakukan dengan benar. Tips strategi pemasaran di atas bekerja dengan baik untuk semua bisnis kecil dan lokal, baik untuk menjangkau audiens baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Hanya perlu sedikit pengetahuan dan eksekusi untuk melihat hasilnya.
Beberapa strategi mungkin lebih baik daripada yang lain. Namun, keputusan ada di tangan Anda, Anda bisa mencoba semuanya dan melihat mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Setelahnya, Anda dapat berinvestasi lebih banyak dalam strategi yang tepat dan memasarkan bisnis Anda dengan lebih mudah.
Nah, dari tips strategi pemasaran di atas, mana yang paling Anda sukai? Adakah strategi pemasaran bisnis lainnya yang kami lewatkan? Jangan ragu untuk mekomendasikannya lewat kolom komentar.
Belum Punya Toko Online?
Melihat segala manfaat strategi pemasaran digital di atas, tentu sayang bila Anda belum memiliki situs web atau toko online sendiri untuk bisnis Anda.
Tak perlu ke mana-mana, TokoPress.id adalah solusi untuk membuat toko online dengan cepat dan mudah. Fitur lengkap dan kekinian, beragam tema untuk niche apapun, serta bebas dipersonalisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda! Mau bikin toko online tanpa ribet? Cek TokoPress.id!